Trik Mendapatkan Eksternal Link

gambar-linkEksternal link merupakan cara ampuh meningkatkan visibilitas blog kita di mesin pencari. Dengan kata lain, eksternal link tersebut adalah terowongan yang terlihat (visible) menuju ke blog kita saat “laba-laba” Google menggerayangi blog/web yang me-link ke blog kita. Sebagai informasi, penggerayangan ini untuk mendata semua aspek blog kita dan disimpan dalam index mesin pencari. Dengan terowongan itu, otomatis si laba-laba tadi akan menggerayangi blog kita juga.

Logikanya, semakin banyak eksternal link kita, semakin cepat juga blog kita digerayangi laba-laba Google. Hasilnya, blog kita akan dinilai “penting” oleh mesin pencari. Semakin penting blog kita,  page rank blog kita juga akan meningkat (ini menurut para ahli lho). Selain itu, bila blog kita dikategorikan “penting”, maka peluang menjadi nomor satu di mesin pencari lebih besar.

Nah, blog saya juga bisa dibilang “penting” walaupun page rank-nya masih 0. Buktinya, blog saya menjadi blog nomor satu di Google untuk 11 kata kunci. Oleh karena itu, buruan tukaran link dengan saya di halaman Tukaran Link, agar laba-laba Google otomastis menggerayangi blog Anda juga saat dia menggerayangi blog saya. Make sense?

Terlepas dari hal itu, trik-trik mendapatkan eksternal link di bawah ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkan eksternal link sebanyak-banyaknya.

  • Lakukan blogwalking (jalan-jalan ke blog orang lain). Lihat blog tersebut, apakah menyediakan tukaran link atau tidak. Bila blog itu menyediakan tukaran link yang dicirikan oleh blogroll, blog teman, atau halaman tukaran link, ikuti cara tukaran link dengan blog tersebut.
  • Bila tidak ada keterangan, beri komentar di salah satu postingan terbarunya. Lalu Anda tawarkan tukaran link secara santun dengan cara menaruh link blog tersebut di blog Anda terlebih dahulu. Contoh template komentar adalah sebagai berikut:

“…….(komentar Anda tentang postingan itu). Btw, boleh tukaran link gak? Kalau boleh, saya sudah me-link blog Anda di blog saya. Silakan di cek di http://namabloganda.xxx.com atau www.namabloganda.com [sebutkan link tempat anda menaruh URL blog tersebut]. Ditunggu link baliknya ya dengan teks Nama Anda atau yang lainnya.

  •  Cek 1-3 hari kemudian, apakah blog tersebut sudah link balik atau belum. Bila belum, tanyakan kenapa blog anda belum di back link oleh blog tsb dengan memberi komentar di blog bersangkutan.
  • Bila dalam seminggu blog tersebut belum merespon penawaran tukaran link Anda, ada baiknya hapus link blog tersebut di blog Anda karena ini akan merugikan Anda.
  • Cari situs yang menawarkan add URL secara gratis. Misalnya: Blogger Forum, Blog Catalog, Blogarama, dan lain-lain.
  • Jangan sembarangan bertukaran link. Teliti blog tersebut apakah blog dilarang, masih aktif, dll. Salah satu cara melihat keaktifan blog tsb adalah melihat postingan atau komentar terakhir. Bila komentar atau postingan terakhirnya itu 6 bulan yang lalu, sebaiknya Anda jangan bertukar link. Makanya, bila blog Anda tidak ingin disebut blog tidak aktif oleh pengunjung Anda, maka mau tak mau Anda harus up date terus blog Anda dengan membuat postingan secara kontinyu.
  • Dapatkan 1-way link (web lain me-link ke blog Anda namun Anda tidak me-link kembali ke website tersebut). Caranya dengan membuat artikel (tulisan) yang berkaitan dengan topik blog Anda. Kirim artikel tersebut ke article directories. Ikuti panduan pengiriman artikel di website tersebut. Jangan lupa, dii footer tulisan itu, tuliskan alamat (URL) blog Anda agar pembaca artikel itu bisa mengunjungi blog Anda bila tertarik dengan tulisan anda yang lain. Salah satu article directories adalah http://www.pro-marketing-online.com/submit-articles.html

 

 

2009 @ https://hermanyudiono.wordpress.com on Eksternal Link

49 responses to “Trik Mendapatkan Eksternal Link

  1. Artikelnya pada bagus.. Blog saya murni copas nich! Hehe

  2. minta ijin buat link ke situs ini. makasih.

  3. salam kenal kang yudiono.
    oh rupanya gitu ya ? alhamdulillah ketemu blog ini, jadi tambah pengetahuan,terima kasih infonya kang.
    mohon ijin utk tukeran link ya.
    terima kasih.
    salam.

  4. kang , blog aku yg ntu dah tukeran link ma yg ini. aku pengen tukeran link ama blog akang yg blogodolar juga dung. boleh gak? makasih kang

  5. Info-nya keren-keren kang. Jadi tambah wawasan nih di dunia per-bloggingan. Btw link-nya udah menancap di blog saya kang tlng di-link balik ya kang. Sekalian minta ijin kang buat nyantumin bbrapa e-book nya di halaman download saya. Makasih

  6. hebat ya kang ini. . .izinya begitu berkwalitaz. . .

  7. artikel yang bagus untuk newbie seperti saya :)

  8. mampir yah ,klo mau tukaran link

  9. oh… maksudnya itu… tambah jelas sekarang…

  10. thanks gan atas infonya…

    http://herysaputro.wordpress.com/

  11. Bagaimana kalau kita tukeran link dengan blog yang ber-PR diatas blog kita, tetapi dia tidak aktif sudah lewat 6 bulan ? thanks atas jawabannya

  12. thanks banget infonya…kebetulan ane lg merintis Online Store en sedang mencari tip en trik menaikkan rating web d search engine.

  13. maaf ya bnyk copas :(
    tulisannya bagus semua :)

  14. lagi belajar dan pelan2 praktek SEO. monggo mampir.

  15. hmmm..

    terima kasih infonya ya mas.. :D

  16. infonya sangat membantu. thanks mas.

  17. terimakasih infonyA kang. boleh tukeran link ga ?

  18. wehehehe.. menarik sekali. yang instan ada ga?

  19. Wah info yg sgt mnarik,slmknal ya..blog br ni msh bgung..

    http://minority761.blogspot.com

  20. terimaksaih untuk informasinya..
    akan saya coba menjalankan tulisan ini,,

  21. makasih ilmunya ooooommmm, bermanfaat banget buat saya,,,,
    o ya, saya juga belum bisa bagaimana mengatur tampilan blog, n juga blum bisa membuat link file ke ziddu saya,,,gimana ya ooom, makasih atas pencerahaanya…..rinolight@wordpress.com

  22. mantap bor…
    thanks infonya

  23. thanks gan infonya..
    lam kenal,,

  24. Thanks ilmunya bost.. Keep sharing..Salam kenal ya..

  25. kang boleh tukeran link gak. oh ya saya banyak belajar dari sampean, tapi jarang komen disini. maaf yach. salam kenal

  26. oke bos infonya,mampir blog aq ya..he..hhe

  27. aku newbie di jutaan bloger2 dunia…pengen nimbrung lebih dalem biar smakin tahu….trims Gan infonya….

  28. Artikel yang penulis sajikan yang berjudul trik mendapatkan eksternal link sangat bermanfaat sekali bagi saya sebagai pendatang baru dalam dunia blog. Terima kasih informasinya.

  29. Ok mas terimakasih artikelnya, sagat bermamfaat dan patut di coba…sukses terus dan terus berkarya..salam perkenalan

  30. terimakasih atas pencerahannya…
    salam kenal… :)

  31. Terimakasih Atas Infonya…
    Salam Kena…..!!!

  32. tukeran link gan>???
    kalo mau koment balik ya gan ke web saya ya…
    trmakasih

  33. Blognya kok gak aktif lagi Om?

  34. Artikelnya menarik,
    Kalau diperbolehkan mohon ijin copas untuk materi kami, terimakasih.

  35. thanx bos info dan ilmunya, tukar link yah.. http://www.camreload.wordpress.com

  36. Salam kenal mas, numpang belajar di blog akang..inspiratif, kalau ada waktu jalan2 ke blog newbie http://ibraandi.wordpress.com

  37. Thank sebelumnya, Apa tukeran link tidak melanggar TOS google gan?

  38. thank,membantu sekali buat ane yang lg belajar

  39. baru paham apa itu eksternal link. artikelnya mudah dipahami. makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s