Profil PT Inco

Dari beberapa pengalaman saya, berbicara mengenai Sorowako, kota ini selalu identik  identik dengan PT Inco. Dengan kata lain, salah satu brand image Sorowako adalah PT Inco. Salah satu contohnya, ketika perjalanan saya memalui bis, saya ditanya oleh penumpang mengenai tujuan saya. Saya menjawab Sorowako. Si penumpang tadi bertanya kembali,”kerja di PT Inco ya?”. Saya hanya menganggukkan kepala saja. Contoh lain adalah ketika saya jalan-jalan di mall Makassar. Ketika membeli suatu produk, pelayannya bertanya,”Dari mana Mas? Saya jawab, dari Sorowako. “Kerja di PT Inco ya?”, dia bertanya lagi. Saya hanya mesem-mesem saja. Ini hanya sekelumit contoh saja.Pertanyaannya, kenapa Sorowako identik dengan PT Inco?

Dalam persepsi saya, ini karena keberadaan dan reputasi PT Inco. Nah, dalam kesempatan ini, saya informasikan sedikit tentang kedua hal tersebut.

PT Inco adalah salah satu produsen utama nickel di dunia. Selama lebih dari tiga dekade sejak kontrak karya ditandatangani dengan Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1968, perseroan telah menyediakan pekerajaan yang membutuhkan keterampilan, memperlihatkan kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat dimana perseroan beroperasi, memberikan keuntungan bagi para pemegang saham dan memberi sumbangan yang positif kepada ekonomi Indonesia.

PT Inco menghasilkan nickel dalam matte, yaitu product setengah jadi, dari bijih laterit di fasilitas pertambangan dan pengolahan yang terpadu sekitar Sorowako, Sulawesi Selatan. Keseluruhan produksinya dijual dalam kontrak-kontrak jangka panjang kepada salah satu perusahaan di Jepang. Daya saing PT Inco terletak pada cadangan bijih dalam jumlah besar, tenaga kerja yang terampil dan terlatih baik, listrik tenaga air berbiaya rendah, fasilitas produksi yang modern dan pasar yang terjamin untuk produknya.

1-product

Saham perseroan lebih dari 50 % dimiliki oleh Vale, Barzil, salah satu produsen besi terkemuka di dunia dan 20,09 %oleh Sumitomo Metal Mining Co., Ltd., Jepang, sebuah perusahaan tambang dan peleburan yang utama. Disamping itu, 20,0 % saham PT Inco dimiliki oleh pemegang saham publik.

Pemangku Kepentingan (Stakeholder)

Pemangku kepentingan PT Inco adalah sebagai berikut

  • Karyawan, dengan memastikan bahwa tempat kerja mereka aman, sehat dan memberi imbalan yang baik.
  • Pelanggan PT Inco, dengan memenuhi kewajiban yang berkenaan dengan mutu, biaya dan pengiriman dari pengolahan dan produk.
  • Penanam modal, melalui sasaran terhadap pertumbuhan keuntungan yang berkesinambungan dan jangka panjang.
  • Masyarakat, dengan menjadi warga negara yang bertanggung jawab serta menangani lingkungan hidup dengan baik.

PT Inco menjalankan operasinya berdasarkan kontrak karya (sebuah perjanjian internasional yang mengikat para pihak terkait, yaitu Pemerintah Republik Indonesia dan PT Inco). Kontrak Karya yang ada telah diperpanjang hingga ke tahun 2025.

  • 25 Juli 1968: PT Inco didirikan berdasarkan ketentuan Hukum Indonesia dalam bidang Penanaman Modal Asing, No.1, tahun 1967.
  • 27 Juli 1969: Penandatanganan Kontrak Karya untuk jangka waktu 30 tahun sejak dimulainya produksi komersial tanggal 1 April 1978 hingga 31 Maret 2008.
  • 15 Januari 1996: Modifikasi dan perpanjangan Kontrak Karya selama 30 tahun berikutnya sampai tahun 2025.

Kinerja PT Inco

PT Inco meningkatkan produksi 30 persen menjadi 130,5 juta pon nickel dalam matte. Tingkat produksi meningkat dari setara 120,8 juta pon pertahun dalam enam bulan pertama tahun 2000 menjadi tingkat produksi setara 137,3 juta pon pertahun dalam enam bulan terakhir tahun tersebut. Peningkatan ini sejalan dengan

12 responses to “Profil PT Inco

  1. mohon bantuannya, kami bermaksud berkunjung ke PT. INCO Tbk. Sorowako, sudah menyusat tapi belum di balas. nomor surat kami 422/056/SMA tanggal 7 April 2009. asal surat : SMA Nergeri 1 Tellu Limpoe Ka b. Sidrap. Rencana kunjungan hari Minggu, 3 Mei 2009 jumlah rombongan 200 siswa dan 35 guru.

    mohon bantuannya segera dikirm berita ke e-mail ini.
    terima kasih banyak.

    • Pak Siswadi, terima kasih sudah mampir di blog saya. Silakan buka email bapak untuk informasi tentang contact person yang harus Bapak hubungi sehubungan dengan surat bapak tersebut.

  2. dapatkah Saya sbg mahasiswa Teknik Pertambangan USN Kolaka melaksanakan KP (kuliah praktek) di PT. Inco?
    Tolong Diberi Pentunjuk

  3. Kalau saya belum tau soal itu..
    numpang lewat aja ya mas…

  4. Mas!..Gmana caranya untuk dpat brgabung dengan PT.INCO?…Kbtulan sya lulusan sarjana sipil,tpi ndak tau prosedurx…Minta tlong…Soalx ini prusahaan yg pling sya idam_idamkn..Thanks b4

  5. mohon petunjuknya pa;
    kami dari mahasiswa teknik pertambangan universitas 19 november kolaka
    akan mengadakan kerja praktek di pt.inco tbk yang beroperasi di sorowako?????

  6. bagaimana tanggapan bapak tentang isu adanya izin yang didapatkan oleh rio tinto disukawesi tengah,apa ndak takut ada pesaing baru????????

  7. assalamu alaikum.
    gini mas sy baru disorowako sy masuk jd peserta PT.INCO. jd sy mau nanya, seperti apa sj tesnya? mohon bantuanya, trimakasih sebelumnya

  8. Assalamualaikum.
    Pak mohon informasinya, saya dari PT. QES Indonesia. mau menawarkan alat Laboratorium yakni Handheld XRF (www.innovx.com) . mohon informasinya untuk no telphon & Email yang bisa saya hubungi.
    terima kasih
    salam

  9. apakah one vale pti itu valid, dan memang perusahaan canada yang memegang saham di PT.Inco ?

  10. @ Bp herman.
    saya lulusan ATMI Cikarang sedang mencari pekerjaan/
    jika ada lowongan di Pt INCO mohon infonya
    087887286574

  11. wah,.. baru denger sekarang nama perusahaan ini,.. :) maklum wong ndeso,.. :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s