4 Fungsi Kepemimpinan

Fungsi Kepemimpinan Steven CoveySeperti biasa, hari minggu adalah jatah saya untuk berisi-bersih kamar kerja blogging di rumah. Selain bau asap rokok, kamar tersebut berantakan: buku berceceran, kertas berserakan, dan puntung rokok menggunung di asbak. Plus terngiang isteri yang ngomel-ngomel terus: “Ini kamar atau sarang tikus sih…”

Brak-brik-bruk…Bla-Bla-Bla…Yada-yada-yada, saya membereskan buku-buku yang berserakan dan menumpuk di dus butut ke lemari plastik. Buzzz…, saat memindahkan buku yang ada di kardus, saya tertegun membaca buku Rahasia Sukses The Best CEO di Indonesia (PT Elex Media Komputindo). Buku ini saya beli di Gramedia Serpong, saat saya training Emisi Udara di Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan (KLH) November 2008 lalu.

Intinya, buku ini mengupas empat fungsi kepemimpinan yang dikembangkan Steven Covey yaitu CEO sebagai perintis, penyelaras, pemberdaya, dan panutan.  Gambaran singkat empat fungsi kepemimpinan ini adalah sebagai berikut:

  • Sebagai Perinstis: CEO harus membuka jalan dengan mengembangkan visi, misi, dan strategi yang sejalan dengan harapan para pemangku kepentingannya.
  • Sebagai Penyelaras: Ia harus piawai menyelaraskan seluruh sistem dalam organisasi agar mampu bekerja sama dan saling sinergi.
  • Sebagai Pemberdaya: Ia selalu menumbuhkan lingkungan agar setiap orang dalam organisasi mampu dan bersedia memberikan yang terbaik.
  • Sebagai Panutan: Ia bertanggung jawab atas tutur kata, sikap, perilaku, dan keputusan-keputusan yang diambilnya.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi pemimpin organisasi (Ketua OSIS, Ketua Senat Mahasiswa, Ketua Koperasi, Ketua Pramuka, dan sebagainya) harus memiliki empat fungsi kepemimpinan di atas. Dengan demikian peluang Anda menjadi pemimpin sukses semakin besar.

External Links:

5 responses to “4 Fungsi Kepemimpinan

  1. Sy termasuk yg menyukai buku2 covey. Salam kenal.

  2. Bukunya memang keren ya Kang…
    Btw peringkatnya masih oke dong Kang ?
    Ngak diurus aja 4, palagi diurus ya ? 🙂

  3. Pasti asyik baca ini,akan lebih banyak mengupas masalah kepemimpinan.mantap

  4. Salam Kenal Kang Yudiono…

  5. Ping-balik: PENERAPAN KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI MAHASISWA « Mayahapsari's Blog