4 Pelajaran Penting dari Semut

kartun semutDalam artikel iptek populer saya yang dimuat Kompas 6 tahun lalu, saya sedikit menyinggung mengenai sistem komunikasi semut yang sangat luar biasa yaitu melalui senyawa kimia yang disebut feromon. Terlepas dari sisi iptek, sebenarnya kita juga bisa memperoleh pelajaran penting dari perilaku semut, yang menurut saya sangat berguna diterapkan dalam dunia ngeblog atau kehidupan sehari-hari. Apa saja pelajaran penting tersebut?

1. Semut tidak pernah menyerah

Jika mereka sedang menuju ke suatu tempat dan kita mencoba menghentikannya, mereka akan mencari jalan lain. Mereka akan memanjat ke atas, mencari celah lewat bawah atau memutar mengitarinya. Mereka akan selalu mencari jalan yang lain.

PELAJARANNYA : Jangan pernah menyerah mencari jalan untuk mencapai tujuan

 

2. Semut selalu memikirkan musim dingin di saat musim panas

Semut yang selalu mengumpulkan makanannya selama musim panas untuk persediaan di musim dingin.

PELAJARANNYA : Sangat penting untuk menjadi realistis dan selalu berpikir ke depan.

 

3. Selama musim dingin, Semut selalu memikirkan hangatnya musim panas

Selama musim dingin, semut selalu mengingatkan dirinya sendiri : “Musim dingin ini tidak akan lama, segera pasti akan berakhir”. Hari pertama cuaca terasa hangat, semut keluar sarangnya. Jika kemudian mereka merasa masih dingin, mereka akan balik ke sarangnya lagi. Tetapi mereka akan terus keluar pada setiap hari pertama cuaca terasa hangat

PELAJARANNYA : Senantiasa bersikap positif setiap saat

4. Semut mengerahkan semua kamampuan

Berapa banyak seekor semut selama musim panas dapat mengumpulkan persediaan untuk keperluaan musim dingin ? Sebanyak yang mereka mampu.

PELAJARANNYA : Lakukan semua yang kamu bisa dan terus tingkatkan

 

Itulah 4 pelajaran yang bisa kita petik dari perilaku semut. Saya berharap ini bermanfaat bagi kita semua.

 

 

Update: lihat keindahan Ayu Oktasari

 

8 responses to “4 Pelajaran Penting dari Semut

  1. like it… pantang menyerah, penuh motivasi dan senantiasa berpikir positif.

  2. Iya bener… aku lagi frustasi masa sama semut aja kalah?? hhuhuhu…

    Pokoknya tidak boleh menyerah..
    Tapi kalo udah bener – bener mentok gimana?

    @Dinda: Kalau udah mentok kita serahkan aja pada Allah SWT. Yang penting sudah berusaha toh?

  3. Itulah semut kawan, mereka selalu dijadikan icon kerja.

  4. ruarrrr..biasa….

  5. Mantap… emang dari alam kita selalu dapat mengambil pelajarannya… seperti lebah, kelapa, dan yang lainnya pasti ada pelajaran yang tersembunyi…

  6. Ternyata kita manusia masih harus banyak belajar dari seekor semut yang kecil dan yang sering tidak diperhitungkan dalam hidup kita.
    Salam…

  7. gambar diatas kan semutnya merah, kalau semutnya warna hitam seperti pernah saya lihat di salah satu iklan, apa artinya sama saja mas ?
    salam.