Manfaat RSS buat pengeblog

RSS log

Sebelum ada RSS, pengguna internet umumnya menggunakan “bookmark” dan secara manual kembali mengunjungi sutu website atau blog untuk memperoleh informasi terbaru. Anda mungkin juga telah melakukan serupa terhadap website favorit Anda. Sayangnya, bookmark ini memiliki 4 kelemahan dan solusinya ada di RSS. Apa saja kelemahan itu? Lalu apa manfaat RSS buat para pengeblog?

Apa itu RSS?

RSS (really simple syndication) bila diterjemahkan per kata adalah mempersatukan sesuatu menjadi benar-benar mudah. Beberapa blogger dunia mendefinisikan RSS sebagai sebuah teknologi yang digunakan jutaan pengguna internet di seluruh dunia untuk terus memperoleh informasi terbaru dari blog atau website favoritnya.

Sementara itu, Wikipedia mendefinisikan RSS sebagai berikut:

sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protokol: Rich Site Summary (RSS 0.91), RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0), dan Really Simple Syndication (RSS 2.0).

 

Kelemahan Bookmark

  • Anda harus melakukannya secara sendiri
  • Sangat merepotkan ketika Anda hendak memperoleh informasi dari banyak situs atau blog
  • Anda akan kehilangan informasi terbaru jika anda lupa mengunjungi situs atau blog
  • Adakalanya anda akan memperoleh informasi yang sama karena situs yang anda kunjungi tidak meng-up date isinya. Dengan kata lain waktu anda terbuang percuma karena tidak memperoleh informasi terbaru yang anda inginkan.

RSS Bermanfaat

Untuk mengatasi keempat kelemahan di atas, tentunya anda harus mempunyai cara yang dapat “memerintahkan” suatu website atau blog untuk mengirimkan informasi terbarunya kepada anda setiap saat. Baik saat anda tidur, liburan, kuliah, sekolah, atau sibuk kerja. RSS-lah cara tersebut.

Tanpa diperintah, RSS mengantarkan informasi relevan dan terbaru yang dinginkan dari dari blog atau situs favorit anda. Tentunya ini menghemat waktu anda dan membantu anda memperoleh informasi terbaru yang diinginkan secara cepat setelah informasi tersebut dipublikasikan, tanpa harus mengunjungi situs atau blog tersebut.

Sebagai analogi, bayangkanlah anda malam-malam ingin makan makanan cepat saji, sementara anda malas keluar rumah. Yang anda lakukan tentunya menelpon sebuah restoran cepat saji yang menyediakan layanan pesan antar. Anda tinggal menunggu di rumah, dan makanan cepat saji pun tak lama diantarkan ke rumah anda. Setelah itu anda bisa menyantap makanan tersebut sambil nonton TV, baca buku, dan lain-lain. Sangat praktis dan menghemat waktu.

Begitu juga dengan RSS. Bedanya, bila pada contoh makanan cepat saji, anda dikenakan biaya tambahan, sementara RSS anda peroleh secara gratis. Syaratnya hanya dengan berlangganan di suatu situs atau blog yang menyediakan RSS.

Sejauh yang saya tahu, sekarang ini ada dua cara untuk berlangganan yaitu via RSS reader dan via email anda.

RSS Reader

Ada banyak penyedia RSS reader yang menawarkan beragam layanan dan fitur. Namun, bagi Anda yang menginginkan RSS reader gratis dan mudah, saya menyarankan Anda menggunakan Google Reader. Saya sendiri menggunakan Google Reader untuk “menyedot” informasi terbaru dari blog-blog favorit saya secara cepat dan gratis. Informasi-informasi tersebut tentunya bermanfaat bagi saya untuk menambah wawasan ngeblog seperti cara mendesain blog, ebook gratis, membuat tulisan yang informatif, strategi meningkatkan trafik blog, teknik SEO, dan sebagainya. Wah, jadi buka rahasia neh J

Untuk menggunakan Google Reader, Anda cukup mempunyai account google, contohnya account Gmail. Bila Anda belum mempunyai Gmail, silakan daftar di sini. Sebagai informasi, Gmail ini banyak kegunaannya bila Anda berniat berkecimpung di dunia ngeblog. Sebagai contoh, Gmail mutlak digunakan untuk memverifikasi blog dan mendaftarkan sitemap blog di Google Webmaster Tools. Cara ini membantu saya dalam meningkatkan page rank 0 menjadi page rank 2.

Via email

Bila Anda tidak memiliki Gmail, jangan khawatir. Anda masih bisa memperoleh RSS dari blog atau situs favorit dengan menggunakan email yang Anda miliki, misalnya email yahoo, hotmail, email kantor, dan sebagainya.

So, tahukan sekarang apa itu RSS dan cara memanfaatkannya. Pilih RSS reader atau via email untuk “menyedot” informasi terbaru dari blog atau situs favorit Anda? Anda sendiri yang menentukan.

Hemat waktu Anda

Oh iya, blog saya ini sudah menyediakan RSS yang bisa disedot via RSS reader atau email Anda. Jika Anda merasa isi blog ini bermanfaat, baik untuk wawasan ngeblog Anda atau kehidupan sehari-hari Anda, silakan berlangganan. Saya menaruh respek terhadap Anda, dan akan berupaya membuat postingan yang bermanfaat dan mungkin saja belum Anda ketahui sebelumnya.

Sebagai informasi, dalam 3 hari ke depan saya akan mempublikasikan cara membuat RSS feed di blog wordpress.com. Saya yakin ini bermanfaat bagi Anda pemilik blog wordpress.com dan belum tahu cara membuatnya. Dengan tahu caranya, Anda akan mampu membuat RSS feed blog wordpress.com kesayangan Anda sehingga bisa “disedot” oleh pengunjung blog Anda. Jadi, tidak ada salahnya kan kalau Anda berlangganan blog saya ini agar Anda tidak “miss information” dan gak perlu repot-repot berkunjung ke sini.

Gak tahu cara berlangganannya? Jangan khawatir bro, silakan baca panduan tahap demi tahapnya di Cara Berlangganan Blognya Kang Yudiono. Sangat mudah dan 100 % gratis.

 

 Update: Lagi ikutan kontes SEO Aristia Wida Rukmi. Kontes SEO ini adalah salah satu dari Kontes-Kontes SEO yang sedang berlangsung. Sayangnya, belum ada yang tahu wajah Aristia Wida Rukmi

 

2009 @ https://hermanyudiono.wordpress.com on Manfaat RSS 

27 responses to “Manfaat RSS buat pengeblog

  1. wah kasih tutorial yg wordpress y mas, soalnya aq pake wp. makasih bgt artikelnya.

  2. wah,sekarang kan ada subscribtion kang,lebih praktis

  3. Ping-balik: Cara Membuat RSS Feed di WordPress.com « Smkbitek's Blog

  4. Nuhun Kang…
    Tambah lagi ni info RRS Feed walau masih bingung. maklum newww blogger, template aja ga jadi2. masih berantakan Kang

    @Hens: sama-sama. Pelan-pelan saja, nanti juga mahir Mas😀

  5. Ping-balik: 17 Jenis Postingan yang Layak Anda Ketahui

  6. Ping-balik: TIPS Membuat RSS Feed di WordPress.com « SMKN 5 PANDEGLANG

  7. Ping-balik: Cara Membuat RSS Feed di WordPress.com « '

  8. Ping-balik: Membuat RSS Feed di WordPress.com « prahara dunia teknologi dan informasi

  9. yach… memang rss sangat bermanfaat, dan sangat efektif bila berlangganan pada blog/web untuk tambah ilmu dari cari bahan tulisan

  10. Ping-balik: Feed « dyryrydy

  11. Ping-balik: Cara Berlangganan RSS atau Feed « dyryrydy

  12. Ping-balik: Cara Membuat RSS Feed di WordPress.com « Cepdeden01's Blog

  13. wah ternyata rss feed itu bermanfaat yah…
    thx atas infonya.

  14. wah ternyata rss feed itu bermanfaat yah…
    thx atas infonya.

    kunjungi juga http://power5man.wordpress.com/

  15. maampir..mampir balikk ya

  16. wahhh
    tanks ya kang atas tips”nya
    semoga lebih sukses^^,,,

  17. Ping-balik: bingung mo mosting apaand ? | sang pemimpi

  18. Ping-balik: Sinarweb

  19. Ping-balik: Cara Membuat RSS Feed di WordPress.com RSS Feed Burner Logo « Pustaka Eidariesky

  20. Ping-balik: Manfaat RSS – Blog's my-simonline.com

  21. Ping-balik: Cara Membuat RSS Feed di WordPress.com « Jeniwidi's Blog

  22. Ping-balik: Cara Membuat RSS Feed di WordPress.com « Ruthchristina's Blog

  23. Ping-balik: CARA MEMBUAT RSS « Nellysartika's Blog

  24. Ping-balik: BLOG « Vaijadiparulian's Blog