Cara Memasang Alexa di WordPress

alexa logoSemenjak awal April 2009 lalu sebenarnya saya ingin memasang widget Alexa diblog ini. Tak heran saya sudah melakukan beberapa cara yang saya peroleh dari beberapa sumber. Sayangnya saya tetap gak bisa menampilkan alexa di blog ini karena ia mengandung kode java script yang memang tidak diperbolehkan oleh wordpress. Namun kesulitan ini bisa diatasi 3 hari lalu saat saya menemukan cara jitunya. Hasilnya widget Alexa telah terpasang di blog ini (silakan lihat di sisi kanan pada Status Blog).

Oleh karenanya, pada postingan kali ini saya ingin berbagi cara memasang Alexa di wordpress tersebut. Mudah-mudahan cara-cara ini bermanfaat bagi Anda yang sedang kesulitan memasang Alexa di blog wordpress.

Apa itu Alexa Rank?

Sebelumnya, saya ulas secara singkat apa itu alexa? Alexa umumnya merupakan nama yang sering disebut untuk menunjukkan Alexa Rank yang disediakan secara gratis oleh alexa.com (salah satu anak perusahaan amazon).

Alexa Rank sendiri adalah ranking trafik suatu situs atau blog. Ranking ini menunjukkan jumlah pengunjung dan jumlah page view (halaman yang dilihat pengunjung) dan dihitung berdasarkan kurun waktu 3 bulanan. Semakin kecil nilai alexa, semakin besar popularitas suatu situs atau blog. Dengan kata lain, jumlah pengunjung dan halaman yang dilihat di blog itu semakin banyak.

Sebagai gambaran, blog atau situs disebut populer bila nilai alexa-nya di bawah 50,000. Situs mana yang paling populer di seluruh dunia? Jawabannya adalah Google dengan ranking alexa 1.

Cara pasang Alexa

Kenapa kita perlu memasang widget Alexa? Ya, untuk mengetahui ranking trafik blog kita dengan mudah. Pengalaman saya, saat widget alexa belum terpasang, saya harus berkunjung ke alexa.com untuk mengetahui trafik blog ini. Repot banget deh.

Anyway, di bawah ini adalah cara memasang alexa pada blog wordpress.

  • Silakan kunjungi http://www.alexa.com
  • Klik tab For Site Owner
  • Klik Learn More pada bagian Site Widgets.
  • Pada kolom Alexa Traffic Rank Button, masukkan URL blog Anda, lalu klik Build Widget.
  • Akan muncul kode java scrift beserta banner-nya. Tentukan banner yang Anda maui.
  • STOP, jangan copy kode java script tersebut walaupun ada instruksi untuk meng-copy-nya. Bila Anda copy dan paste di widget blog wordpress Anda, dijamin alexa rank gak terpasang.
  • Yang harus Anda lakukan adalah blok kode java script dan banner tersebut menggunakan kursor Anda, lalu klik kanan dan COPY.
  • Login ke blog wordpress Anda, dan pilih ADD NEW POST
  • Paste di tempat biasa kita membuat postingan.
  • Hapus sebagian gambar yang terlihat, dan sisakan hanya satu yaitu gambar widget (lihat gambar di bawah)

Gambar Widget Alexa

  • Klik tab HTML. Blok kode HTML yang muncul HANYA dari <a…………..</a>, lalu COPY. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

 Gambar Cara Pasang Alexa

 

  • Pilih Appereance dan klik Widget
  • Bila Anda belum menggunakan widget TEXT, drag widget ini ke bagian sisi kanan, lalu klik tanda segi tiga ke bawahnya. Bila Anda sebelumnya sudah menggunakan widget text, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik tanda segitiga ke bawahnya.
  • PASTE kode HTML tadi, lalu klik SAVE. Lihat contohnya di bawah ini.

Gambar cara pasang alexa di widget text

 

  •  Untuk mengetahui tampilannya, klik kanan VISIT SITE.

 

Nah, itulah cara memasang widget alexa di blog wordpress. Selamat mencoba. Jangan lupa, beri komentar postingan ini ya, baik Anda berhasil memasang maupun tidak berhasil. Dalam kasus tidak berhasil memasangnya, saya akan menginformasikan solusinya dengan menjawab komentar Anda.

 

Anda mungkin tertarik dengan tips wordpress lain, silakan klik artikel di bawah ini:

 

Update: Lagi ikutan kontes SEO Aristia Wida Rukmi. Kontes SEO ini adalah salah satu dari Kontes-Kontes SEO yang sedang berlangsung. Sayangnya, belum ada yang tahu wajah Aristia Wida Rukmi

2009 @ https://hermanyudiono.wordpress.com on Cara Memasang Alexa

98 responses to “Cara Memasang Alexa di WordPress

  1. selamat bro atas PR 2nya,hehehe betul-betul blog kang herman ini mau jadi “blog nomor satu”.keep posting kang

  2. Ping-balik: 4 Cara Jitu Meningkatkan Page Rank 0 menjadi Page Rank 2 « Blognya Kang Yudiono

  3. Desain Taman

    kok ga bisa ya… sudah di copy tapi emang scriptnya cuma sedikit ga seperti yang ada di gambar Mas herman… gimama Mas

    • hermanyudiono

      @Desain Taman: coba ulangi dengan memblok gambar widget dan kode java script. Saat dipaste di tempat membuat new post, delete kode tsb atau kode lain, sehingga yang muncul hanya gambar widget alexa. Ikuti langkah-langkah di atas. Bila belum berhasil, Anda bisa contact saya di 081355839722.

  4. duuuuuhhhhhh…….. kirain tadi saya salah alamat.. tambah keren ajah blog nya kang… :)

    • Kang Yudiono

      @Ucrit: trims. Ceritanya saya bosan dengan theme lama. Theme baru ini sekaligus merayakan “hadiah” page rank 2 dari Google.

  5. Saya mau tanya nih, gimana ya cara meingkatkan alexa…? atau juga mendapatkan backlink dari alexa…? Karena blog saya nggak dapat backlink dari alexa tuh… :(

    • Kang Yudiono

      @mamas86: saya belum tahu banyak tentang Alexa (nilai alexa saya masih di atas 1 juta), jadi saat ini belum bisa jawab. Coba saja Anda search di google, siapa tahu menemukan jawabannya.

  6. mas saya ga tau ni klanjutan pas mau drag widgetnya mas saya bingung cz ga ad tampilan kaya mas bkin !!!! gmna ya ??? mohon bantuanya.

    • Kang Yudiono

      @karyagw: coba klik tanda segitiga ke bawah di widget text. Lalu paste kode HTML yang sudah dicopy. Mudah lho :-)

  7. wah berguna sekali, makasi atas infonya

  8. mas saya tetap ga bisa pasang alexa di wp saya…cz saya ga ketemu wiget untuk taro kode2 nya ???? gimana ya ??? mohon bantuannya

    • @smkbitek: Coba cari widget yang namanya TEXT. Pada dashboard, klik appearence, lalu klik widget. Nah, cari deh yang namanya TEXT. Selamat mencoba.

  9. tips jitu.. saya cobaaaaa yaaaa.. mudah mudahan enda muksoooo terus..
    Salam Sayang

  10. agust hutabarat

    thank’s atas infonya..
    tapi maaf mas,,
    saya udah coba, masalahnya code alexanya dah berubah jadi yang seperti ini
    jadi saya bingung sendiri.


    @Agust Hutabarat: Gak muncul kodenya neh Mas :D. Coba ulang lagi Mas, siapa tahu ada langkahnya yang terlewat. Saya bisa terus memasang alexa di blog wordpress baru saya koq :D

  11. agust hutabarat
  12. makasih buat petunjuknya. klo barusan masang buat pertama kali memang belum ada angkanya y? msh berupa ‘no data’?

    @Bofyla: ya, kalau awal biasanya “No Data”. Rajin2 aja mas blogwalking agar alexanya langsing Mas :D

  13. yoesoef hasyim

    Masih bingung mas..dicopy paste yang muncul tulisan aj g ad gambar alexanya kemudian di ubah k HTML malah te2p g tersimpan

  14. Berhasil, Bang!!!!!!!
    Terima nuwun matur kasih!

  15. cara upload theme baru gimana caranya selain dari bawaan wordpress nya saya bingung

  16. mas tolong pencerahannya, anggak ngerti maksudnya “blok kode java script dan banner tersebut menggunakan kursor Anda, lalu klik kanan dan COPY.”

    tolong…..

  17. bisa mas,terimakasih infonya,sudah bisa dipasang di web aq,bisa dilihat di http://www.hc-arsitekrumah.com
    terimakasih

  18. Mas, boleh ya artikelnya aku copy di bog saya. Thank’s

  19. terima kasih om

    hebat2…smpet bngung sh
    tp bisa
    regard
    http://ajigudboy.wordpress.com

    berharap tukar link
    di tunggu kunjungan nya

    boleh saya copy yahhh…nmbah tips n trik

  20. maaf om…
    bukannya yg kita simpen dan copy itu html dari contoh gambar alexa yg tertera

    msa punya saya udah 5juta…
    seperti contoh di alexa???

  21. Saya coba ahh !

  22. salam kenal kang..
    untuk pasang alexa di wordpress
    waduh saya coba ga bisa2 tuh…
    udah ikutin seperti yg diatas tapi ga berhasil nih…
    gimana ya???
    saya pendatang baru kang???
    coba aja mampir.. liat2 blog saya tuh…
    http://hermawanputra.wordpress.com
    masih ga karuan…belum ada ranknya di google
    masih sepi pengunjung..
    mohon bantuannya nih…
    makasih banyak ya…

  23. …salam kenal…maksi yha…1x coba langsung bisa niey…jadi tau juga rangk ny….

  24. siiip,berhasil dicoba bro

  25. Tip yang berguna sekali, trims
    Salam sukses

  26. wih! sip bgt mas! berhasil!! kekekkk!!! ;D

  27. berhasil…. thanks^^

  28. Makasih tipsnya Kang.

  29. tutorialnya amat berguna. trims.

  30. Duh….
    Gambar bannernya kok gak bisa di blok pakek kursor ya ??/

    Gimana kang Yud ??

  31. makasih infonya kang, alhamdulillaah berhasil euy! setelah sekian menit berjuang…^^

  32. Saya udah bisa masang bannernya di http://hotmommies.wordpress.com , tp waktu saya cek ke web alexa, dari alexa-nya minta verifikasi tu Kang. Bikin file kosong dengan skrip dari alexa, nambah meta tag atau langsung lewat email.

    Nah, gimana ya Kang cara nambahin meta tag dari Alexa itu di wordpress. Makasih sebelumnya

  33. Makasih kang herman. Saya berhasil memasang alexa di blog saya.

    http://angkringankode.wordpress.com/

  34. ko saya masih ada tulisan NO DATA yah????apa blog saya sepi????

  35. mas kemarin aku dah nyoba berhasil, tapi kenapa masih gak ada datanya ya ?

  36. Halo mas…saya pendatang baru nehhh…..Tutor nya dah tak coba…..emang sih berhasil gambarnnya muncul di kanan atas…nah masalahnnya kenapa menu kategori dan lain lainnya yg ada di jajaran kanan semuannya malah menghilang…..huhuhu……yg keliayan cuma gambar alexa tok…jadinnya di witget aku hapus lagi teks nya……alexa hilang menu nya baru nongol lagi…..

    Gimana nehh mas…..tolong pencerahanannya,,,,,,tapi tetep ta coba terus ampe bisa mas…

    salam

    Racoon_city

  37. thx infonya kang…..newbie nih…bermanfaat banget

  38. salam kenal bro..!!!
    pingin tau info tentang IT, silakan
    http://www.infomm.wordpress.com

  39. Muantaaap sekali infonya….

  40. terimakasih mas, langsung saya terapkan dan memang oke hasilnya

  41. wah…akhirnya bisa juga, makasih banget kang Yudi tutornya, walau belum masuk page rank alias belum ada datanya hehe… :))

  42. mantab gan, skarang blog ku dah ada alexanya.

  43. Halo Kang Yudiono (masih kerabat dekatnya Pak SBY ya? hehehe..just kidding)
    Oya…caranya benar2 jitu nih..awalnya saya bingung..kenapa alexanya blom muncul, saya cari di google dapatnya di blog ini. Mantap! Langsung berhasil. Tapi ada 1 pertanyaan..kok tampilan untuk blog saya di alexa no data ya? Apa karena saya baru? hehehe…mkasi Kang.. Ditunggu kunjungan baliknya..

  44. terimakasih infonya… sangat bermanfaat dan saya jadikan acuan dalam postingan saya…

  45. maksih infonya namun belum berhasil niih ….

  46. thx…infonya, n berhasil… ; )

  47. sudah berhasil pak skalian ijin artikel saya pasang di blog saya dengan ling cara
    pasang pasang kode alexa di wordpress

  48. nuhun kang, berhasil :lol:

  49. saya coba cara biasa memang gagal, coba cara ini dulu ah…
    yang mau materi teknisi komputer gratis, main ke http://itcompare.wordpress.com

    makasih…

  50. thanks yach infonya,..
    saya newbie neh,..

  51. makasi mas, saya udah bisa…

  52. tips oke kang :)
    mo dicoba nie, tapi kayaknya kalo kode yang sekarang gak panjang spt itu ya ?

  53. Thank you bro… Finally it works..

    Numpang Backlink ya bro..
    Soccer.U-niid.com

  54. wuiwh..makasi infonya bang..
    mantep bgt.. :)

  55. thanks… berkunjung balik ya. . .

  56. Saya berhasil pasang kang, tapi kok gak ada nilainya ya. Apa harus nunggu beberapa hari dulu ? Silahkan di mampir di cek !!
    Matur nuwun.

  57. Matur nuwun kang, diblog saya sudah terpasang, tapi kog masih no rank tolong mapir ngombe untuk cek dan kasih saran.

  58. hahaha…
    padahal baru kemaren saya coba ide ini dengan memasang kalender hijriyah.
    tapi kayaknya jodohnya sama blog ini deh…

    makasih ya kang atas infonya…
    aku minta ijin nyontek caranya buat konten blogku…
    hehehe

    kecilcupu.wordpress.com

  59. hahaha…
    makasih om…,
    maknyus… :D

  60. Terima Kasih mas.. saya coba akan coba di http://kolomayah.info/ ,smoga sukses

  61. berhasil mas…thanks y

  62. akan saya coba pasang di blog saya….

  63. nice info…!! ane test dulu gan… di blog ane http://directtogarment.wordpress.com/

  64. mabtab bos….
    thanks infomnya… i like your blog… great;

  65. Tank you boss blogku baru saja di pasang alexa

  66. makasih kang tipsnya sangat bermanfaat sekali

  67. matur nuwun mas ( trimaksaih mas) sangat membatu sekali infonya..jangan lupa mampir juga mas di blog saya.,tapi saya masih pemula dan masih butuh bimbingan mas..http://wongluwijawa.wordpress.com/

  68. udah saya coba, tapi di copy paste kok gak bisa ya?

  69. Akhirnya selesai juga gan sudah saya pasang di blog wordpressku alexanya masih nol besar tank gan

  70. akhirnya setelah bolak balik berpikir sejenak….nah klo gitu cara copynya dimulai dari tulisan Button (120 x 95) trs mousenya diseret kearah kanan sampai kena gambar kotak widgets ( site info) baru deh klik kanan trs dicopy.
    nah dr sini masuk ke new post pastikan kamu pencet tab visual dan pastekan.
    lihat pasti akan ada gambar site info nya…biarkan dia dan hilangkan tulisan atau code lainya. setelah itu pindahkan ke tab HTML lalu copy hanya code ini
    <a………….. lalu alihkan ke apperence> widgets> cari widgets TEXT pastekan dan beri judul sama dengan alexa punya ( site info)
    save and then terereeeeng jadi deh

  71. salam kenal mas Yudiono infonya mantep bgt dan success deh akhirnya…boleh dilihat web saya mas dn boleh kan di link blognya
    mampir ya ke blog sya
    http://www.qalbunsalima.wordpress.com

  72. terima kasih mas, atas infonya sdh sy pasang di blog saya. salam kenal
    dari saya di http://www.ahmadriyadhmz.wordpress.com

  73. Saya baru aplikasikan tutorialnya mas, terima kasih banyak informasinya…:)

  74. Terima kasih atas infonya, Berhasil

  75. …………..Salam persahabatan dr MENONE………….

  76. Thanks berat bos… dah bisa nich, tapi ……………traffffffic rank 9,9 jt wkwkwk, gimana caranya bos supaya bisa nangkring di traffic rank 300 rb ? harus belajar 10 tahun lagi kali ya ? he3

  77. mas…. knp alexa saya No data ya…
    http://yantoweb.wordpress.com
    tuker link yach….:P :P :) :P

  78. Mas , Code Verifikasi dari Alexa taruh dimana?
    Maklum masih newbie pake wordpress….he3x

    maen ke blog saya mas, baru di buat
    http://anekahobi.wordpress.com