Manfaat Statistik Blog

Gambar Statistik BlogStatistik sudah tidak asing lagi bagi saya. Saat di SMA dan perguruan tinggi, saya “kenyang” mempelajarinya. Begitu pun saat kerja sekarang. Namun, baru bulan lalu saya bertanya sendiri, apa sih statistik itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi statistik adalah data yangg berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yg berarti mengenai suatu masalah atau gejala. Secara sederhana saya menyimpulkan statistik adalah kumpulan data yang memberi informasi.

Atas dasar itulah saya senang sekali melihat data statistik blog saya. Secara kebetulan, wordpress menyediakannya sehingga saya tidak perlu repot-repot mencari di tempat lain.

Statistik Blog

Apa yang ada di statistik blog wordpress? Setidaknya saya bisa memperoleh manfaat dari hal-hal di bawah ini:

  • Referrers: pengunjung yang datang dengan mengklik link di suatu blog atau situs yang menuju ke blog saya pada hari ini atau kemarin.
  • Top posts & pages: postingan atau halaman yang paling banyak dilihat
  • Search engine terms: kata kunci atau query yang diketikkan seseorang di mesin pencari (misalnya Google) sehingga orang tersebut menemukan atau datang ke blog saya
  • Clicks: link keluar yang diklik pengunjung blog saya.
  • Views: postingan yang dilihat oleh pengunjung. Ini dikelompokkan dalam harian, mingguan, dan bulanan.
  • Blog stats summary tables : tabel ringkasan yang terdiri dari total views, busiest day, views today, jumlah posts, categories, tags, dan spam comments.

 

Dari kegemaran mengamati statistik blog ini, saya bisa mengevaluasi aktivitas yang sudah saya lakukan terhadap blog ini dan tentunya saya merencanakan aktivitas apa yang akan dilakukan ke di hari-hari selanjutnya. Tujuan utamanya sih adalah Page Rank 1 dan nilai trafik alexa di bawah 1 juta.

Terlepas dari tujuan tersebut, saya terkejut (sekaligus gembira) karena mulai bulan April 2009 views blog ini mencapai 1400-an. Padahal, sebelumnya yang tertinggi adalah 300-an views, bahkan ada yang views per bulannya 0!. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda lihat gambar di bawah ini.

Statistik blog Kang Yudiono

 

Dengan menembus angka 1400-an ini trafik alexa saya sekarang 1,5 juta-an, sebelumnya 3 juta. Masih besar memang, sehingga perlu upaya berkelanjutan agar nilainya di bawah 1 juta.

Lalu saya berfikir, apa sih yang telah saya lakukan sehingga views dalam dua bulan terakhir ini menembus 1400-an? Kesimpulan sementara adalah tips nomor satu di google dan sering memberi komentar di blog lain. Dari data statistik blog, rata-rata jumlah pengunjung perhari adalah 25 orang. Terbilang bagus sih bagi saya yang notabene pemula.

Nah, apakah Anda sudah biasa memperhatikan statistik blog sehingga Anda bisa memperoleh manfaat darinya? Atau Anda tidak peduli dengan statistik blog Anda? Happy blogging deh🙂

 

Artikel di bawah ini mungkin berguna bagi Anda:

 

 Update: Lagi ikutan kontes SEO Aristia Wida Rukmi. Kontes SEO ini adalah salah satu dari Kontes-Kontes SEO yang sedang berlangsung. Sayangnya, belum ada yang tahu wajah Aristia Wida Rukmi

2009 @ https://hermanyudiono.wordpress.com on statistik blog

7 responses to “Manfaat Statistik Blog

  1. Mantap kang infonya. Tengkyu lah

  2. Ping-balik: 4 Cara Jitu Meningkatkan Page Rank 0 menjadi Page Rank 2 « Blognya Kang Yudiono

  3. Jadi, apa perbedaan statistik pengunjung dan pagerank ya… soalnya aq menemukan Pagerank di Ogix sedangkan Statistik pengunjung di ShinyStat. apa ya bedanya….?

  4. Yoi broo….Dengan selalu update tips dan trik web anda semakin cepat tumbuhnya. Ku kan coba,mudah2an bisa ikut2 naek. Thanks,apalagi kalau mo mampir tempatku

  5. fantastis. bisa ribuan view. prnya banyak dong.