Dolar Dari Blog: Pakai Blog Berbayar atau Blog Gratisan?

Ilustrasi ngeblog untuk dolarSeperti diketahui, saat ini blog bisa dijadikan sebagai alat untuk meraup atau mendulang dolar. Saya dapat informasi ini setelah membaca buku Meraup Dolar lewat Blog (karangan Agus Herry Prasetyo yang saya beli secara online) dan menonton acara e-life style di sebuah stasiun swatsa yang berjudul Mendulang Dolar dengan Blog (awal April 2009 lalu). Tentu saja saya tertarik dengan topik dapat dolar dari blog ini. Namun, karena syarat dan ketentuan wordpress.com melarang pemakain blog wordpress untuk dijadikan lahan berbisnis, maka saya gak bisa memakai blog ini untuk mencari dolar.  Oleh karena itu, saya memalingkan pilihan kepada blog berbayar atau blog gratisan.

Sejauh yang saya tahu, blog berbayar adalah blog dengan domain dan hosting yang perlu dibayar, sedangkan blog gartisan adalah 100 % gratis (misalnya blogger.com) atau blog berdomain dan berhosting gratis. Dengan dua pilihan di atas, lantas saya bertanya sendiri apa keuntungan dan kerugian kedua jenis blog ini? Untuk menjawab pertanyaan itu, dalam seminggu lalu saya mencari informasi yang berkaitan dengan blog berbayar dan blog gratisan. Hasilnya saya tabulasi di bawah ini.

Tabel Perbandingan blog berbayar dengan blog gratisan

No

Blog Berbayar

Blog Gratisan

1

Saya memiliki dan mempunyai kendali penuh terhadap blog saya

Saya tidak memiliki blog (hanya nebeng). Yang memilikinya dan berkendali penuh adalah penyedia blog dan penyedia domain/hosting gratisan. Artinya, suatu hari mereka bermasalah atau tutup, maka blog saya kena imbasnya

2

Untuk jangka panjang dan kontinyu, blog ini terkesan profesional dan katanya lebih disukai oleh penyedia dolar gratis bila page rank dan alexa-nya sudah bagus. Fakta lain, pengeblog sukses lebih banyak menggunakan blog berbayar

Terkesan kurang profesional

3

Lebih fleksibel dalam setingannya Kurang fleksibel dalam setingannya 

4

Di luar biaya internet, total biaya yang digunakan per tahunnya adalah sekitar $ 60 (sekitar Rp 650 ribu). Rinciannya $ 10 beli domain dan $ 50 dolar sewa hosting dengan asumsi membelinya dari penyedia di luar negeri karena reputasi dan keunggulannya.

 

Di luar biaya internet, total biaya adalah $ 0

 

5

Berbasis wordpress sehingga saya lebih familiar

Berbasis blog lain sehingga saya harus lebih lama lagi mempelajari dan memonetisasinya

 

Dari tabel di atas (sudah apple to apple toh), saya berkesimpulan bahwa blog berbayar lebih menjanjikan daripada blog gratisan untuk tujuan dapat dolar dari blog dalam jangka panjang. Oleh karena itu, bulan depan saya berencana membuat blog berbayar. Dari mana uangnya? Ada dua pilihan. Pertama, saya menyisihkan uang dari gaji saya lalu membeli domain dan menyewa hostingan dengan menggunakan kartu kredit. Pilihan kedua, saya menggunakan dolar dari rekening paypal. Dolar ini saya dapat dari bisnis kecil-kecilan dan kerja keras (belum kerja cerdas nih. Insya Allah dolar recehan ini bisa mencapai $ 60 bulan depan. Amiin..

Bagaimana dengan Anda? Untuk dapat dolar dari blog, apakah pakai blog berbayar atau blog gratisan? Silakan beri masukkan ya buat saya di bagian komentar di bawah ini. Happy blogging bro…***

 

Mungkin anda tertarik dengan artikel di bawah ini…

 

Update: Lagi ikutan kontes SEO Aristia Wida Rukmi. Kontes SEO ini adalah salah satu dari Kontes-Kontes SEO yang sedang berlangsung. Sayangnya, belum ada yang tahu wajah Aristia Wida Rukmi

2009 @ https://hermanyudiono.wordpress.com on dapat dolar dari blog

11 responses to “Dolar Dari Blog: Pakai Blog Berbayar atau Blog Gratisan?

  1. Saya belum kepikiran seperti itu…
    Terlalu banyak yg harus saya siapkan & pelajari, sementara sayanya harus bekerja di dunia nyata…

    • hermanyudiono

      @Pak Marsudiyanto: Betul pak, banyak yang harus disiapkan dan dipelajari dan butuh waktu. Saya juga baru tahap persiapan. Jalan masih panjang neh🙂

  2. doakan saya supaya segera menyusul Om.. ^^ (bisa dapet dollar and beli domain).. huehehe..

  3. biar kesannya professional pake domain sendiri yah😀
    mantapp..

  4. Ping-balik: Cara Praktis Membuat Tabel di Blog Wordpress « Blognya Kang Yudiono

  5. Memang sebaiknya pakai yang berbayar Bos, lebih leluasa & powerful.

    Tapi pakai blogspot juga bagus, asal pandai-pandai me-manage-nya.

    salam

  6. Ping-balik: Cara Praktis Membuat Tabel di Blog WordPress « Waroenginfokus's Blog

  7. Ping-balik: Cara Praktis Membuat Tabel di Blog WordPress « ariezone95

  8. Ping-balik: TIPS WORDPRESS | mhayaecute