8 Sikap Yang Wajib Dimiliki Pebisnis Online

Ilustrasi memburu dolar dengan bisnis onlinePernahkah Anda mendengar atau membaca kisah seorang pebisnis online (baik internet marketer atau pemilik blog) yang sukses menghasilkan puluhan juta rupiah atau ribuan dolar tiap bulannya? Kemungkinan besar jawabannya ya. Namun, pernahkah Anda tahu apa saja sikap yang mereka miliki untuk menjadi sukses di bisnis online? Jawabannya, maybe yes, maybe no🙂

Bila dipaparkan tentunya ada banyak sikap, namun yang penting dari semua itu ada delapan buah.  Kedelapan sikap ini saya sarikan dari beberapa ahli yang sukses sebagai pebisnis online yang terbukti menghasilkan jutaan rupiah atau puluhan dolar tiap bulannya secara kontinyu. Semoga ini menambah informasi bagi Anda yang tertarik terjun ke bisnis online.

Berikut ini kedelapan sikap yang wajib dimiliki seorang pebisnis online.

1. Sabar

Kesuksesan online bukanlah suatu hal yang instan. Ini butuh waktu yang relatif lama. Ribuan dolar tidak datang hanya dalam sebulan dua bulan berbisnis. Semua butuh proses dan waktu.  Bahkan para “guru”,para “master” bisnis online pun tidak langsung berhasil dalam sekejap mata. Mereka butuh berbulan-bulan, mereka butuh bertahun-tahun belajar untuk menjadi sukses.

Sama dengan bisnis di dunia nyata, mereka gagal dahulu. Ada yang kehilangan puluhan, ratusan bahkan ribuan dollar, atau blognya hanya dikunjungi 1 orang setiap hari. Namun, dengan sabar mereka bisa menjadi sukses. Sabar dalam mengoptimasi blog atau website, sabar menghadapi customer, dan sabar mejalaninya.

2. Berani Gagal dan Sukses

Di dunia ini tidak ada orang yang bisa menjamin apa yang akan terjadi esok hari, tidak ada yang bisa menjamin apa yang akan kita lakukan esok hari. Jadi, mental berani gagal harus tetap ada. Mental ini tumbuh karena berani mengambil peluang. Dan definisi peluang itu konon katanya 50 % gagal atau 50 % sukses. Jadi, selain berani gagal, juga harus berani sukses. Tetapi jika Anda tidak berani (ciut) untuk mengambil resiko gagal, jangan pernah melangkah berbisnis sama sekali, dan Anda pun tidak akan pernah sukses berbisnis.

3. Tidak tergiur program bisnis investasi

Jangan tergiur dengan bisnis investasi online. Kebanyakannya adalah member get member.Kebanyakan pelaku bisnis internet terutama yang malas bekerja suka termakan rayuan seperti ini. Mereka rela untuk menginvestasikan uangnya di dalam bisnis ini. Sehari dua hari, seminggu dua minggu, bisnis berjalan lancar. Bulan berikutnya, dia investasikan dana lebih besar lagi, sampai ada saatnya tiba-tiba situs investasi yang dia percayai tersebut menghilang begitu saja.

4. Tidak mengandalkan orang lain

Pebisnis online yang sukses harus rajin bertanya ke search engine (terutama GOOGLE) dan harus sering browsing mencari ilmu dari situs ke situs, dari blog ke blog. BUKAN mengandalkan orang lain. Kadang ada saja pebisnis online pemula yang agak malas untuk eksplorasi, tidak mau mencoba-coba untuk memahami bisnis yang dia jalani. Setiap langkah dia selalu bertanya kepada orang lain, kepada consultantnya, kepada temannya, dan kepada orang lain. Konsultan tentu akan mencoba menjawab sesuai batas ilmu yang dimiliki, begitu juga jika dia bertanya kepada teman / rekannya.

Padahal andai dia tidak malas mencari tahu, jawaban dari apa yang dia cari banyak tersedia di internet. Daripada menunggu jawaban dari teman / consultant yang perlu waktu lama, lebih baik mencari jawabannya lewat search engine seperti google.  Misalnya, ada banyak pebisnis yang ingin tahu jika mendaftar di clixsense, bagaimana cara mengisi kolom “payable to?”

Untuk mencari jawabannya cukup ketikkan “clixsense payable to diisi apa” atau “cara daftar clixsense” atau “clixsense tutorial” pada kolom pencarian google dan Anda akan dapatkan jawabannya.Akan segera muncul puluhan link yang bisa menjawab pertanyaan tersebut, dalam waktu instant, tidak perlu menunggu berjam-jam.

5. Tidak pernah menyerah

Tidak pernah menyerah menghadapi kegagalan dan kesulitan yang dialami. Dengan kata lain berpikiran positif dan mencari solusi dari kegagalan atau kesulitan tersebut.

6. Fokus

Selalu fokus pada apa yang dikerjakan. Tidak cepat berpaling pada hal lain sebelum apa yang dikerjakan sukses.

7. Membangun kredibilitas

Ini bisa dihasilkan dengan jujur dan bersikap profesional yang nantinya menghasilkan efek “dari mulut ke mulut” yang dahsyat. Misalnya, Anda jujur dan profesional dalam menjual handphone secara online dan klien Anda puas, maka klien itu akan menceritakan atau merekomendasikan blog/situs Anda kepada orang lain.

8. Membuat hubungan bisnis

Tidak bekerja sendirian, namun selalu membuat hubungan baik yang positif dan etis dengan sesama pelaku bisnis. Dengan kata lain, tidak menjelekkan pebisnis online lain dalam setiap kegiatannya.

Nah, itu lho delapan sikap yang dimiliki oleh mereka. Semoga terinspirasi dan termotivasi. Bila ada yang tidak berkenan atau menambahkan, dan lain sebagainya, silakan tulisa aja di komentar ya. Saya akan antusias menanggapinya.***

 

Artikel berguna lain…

 

Update: Lagi ikutan kontes SEO Aristia Wida Rukmi. Kontes SEO ini adalah salah satu dari Kontes-Kontes SEO yang sedang berlangsung. Sayangnya, belum ada yang tahu wajah Aristia Wida Rukmi

 

2009 @ https://hermanyudiono.wordpress.com on mental pebisnis online

6 responses to “8 Sikap Yang Wajib Dimiliki Pebisnis Online

  1. Terima kasih sekali atas pencerahannya, sangat menginspirasi, menurut saya pribadi point no.6 yang paling susah karena biasanya seorang yang belum berhasil dalam suatu metode bisnis online akan berpindah ke suatu metode bisnis online lainnya karena metode bisnis online yang lama mungkin dianggap kurang menguntungkan, atau mungkin malah menyerah dan tidak melakukan apa-apa sama sekali.

  2. point ke 6. FOKUS / tidak fokus tidak hanya dialami oleh newbie, tetapi juga oleh mereka yang sudah sukses di bisnis online hanya saja orang-orang yg sudah sukses lebih cepat sadar dan bisa kembali untuk fokus.
    Thanks tipsnya, saya sendiri masih berjuang.

    Cayoooo!!!

  3. Pencerahan dari tulisan…semua point yang di tulis dapat menjadi pegangan…kunjungi saya nya ..masih belajar…tolong masukannya…

    • Kang Yudiono

      @Tanjung : saya sudah berkunjung ke blog Anda, namun saya gak bisa mengomentari karena gak ngerti cara memberi komentar di blog Anda. Atau saya yang gak familiar dengan blogger? Pada intinya, good luck berburu dolar dengan PTC🙂