Mengenal Buckminsterfullerene: Penemuan dan Dampak Buckminsterfullerene

struktur buckminsterfullerenePada postingan ini, saya akan mengenalkan tulisan pertama saya yang pernah dimuat Kompas dengan judul Mengenal Buckmisterfullerene. Artikel iptek ini berisi penemuan dan dampak buckminsterfullerene (molekul karbon berbentuk bola sepak) bagi dunia sains dan penemunya. Gambar di samping ini adalah struktur buckminsterfullerene.

Mengapa judulnya Mengenal Buckminsterfullerene? Ini karena waktu itu saya ingin mengenalkan kisah penemuan dan dampak buckminsterfullerene kepada pembaca Kompas. Selain kedua hal mengenai buckminsterfullerene tersebut hanya dikenal oleh orang-orang yang melek sains, saya berharap tulisan saya tersebut menginspirasi pembaca Kompas. Kenapa terinspirasi?

Ini karena  penemuan buksminterfullerene diawali dari ketidaksengajaan. Dengan kata lain, penemuan bukminsterfullerene ini bukan topik utama penelitinya. Karena ketekunan para penelitinya, ketidaksengajaan ini berdampak besar, baik bagi penemunya maupun dunia sains. Para penemu buckminsterfullerene ini diganjar Nobel Kimia 1996. Adapun dampak terhadap dunia sains adalah dijadikannya buckminsterfullerene sebagai topik penelitian baru yang menarik dikaji dari segala aspek bidang ilmu.

Nah, bagi Anda yang tertarik kisah penemuan dan dampak buckminsterfullerene ini, silakan baca lebih lanjut di Mengenal Buckminsterfullerene.  

 

Update: Lagi ikutan kontes SEO Aristia Wida Rukmi. Kontes SEO ini adalah salah satu dari Kontes-Kontes SEO yang sedang berlangsung. Sayangnya, belum ada yang tahu wajah Aristia Wida Rukmi

@ https://hermanyudiono.wordpress.com on Mengenal Buckminsterfullerene: Penemuan dan Dampak Buckminsterfullerene

Komentar ditutup.