Cara Daftar Sitemap Blog WordPress di Google

ilustrasi sitemapSecara sederhana, sitemap (peta situs) adalah halaman HTML yang mengandung daftar semua halaman yang ada di suatu situs (web or blog). Peta ini dapat berbentuk XML (untuk Google) dan TXT (untuk Yahoo).

 

Daftar sitemap blog wordpress kita akan membantu meyakinkan Google mengetahui semua halaman di blog kita, termasuk URL yang tidak ditemukan saat proses-proses penggerayangan oleh “laba-laba” Google. Di Google, kita bisa mendaftar 2 sitemap yaitu sitemap dan news sitemap. Sitemap untuk mesin pencari google, sementara news sitemap untuk google news.

Untuk daftar kedua sitemap itu, pemilik blog wordpres tidak perlu repot-repot membuatnya karena sudah disediakan oleh wordpress. Sebagai info, bentuk sitemap adalah yourblogname.wordpress.com/sitemap.xml, sedangkan  news sitemap adalah yourblogname.wordpress.com/news-sitemap.xml.

Penting diingat, syarat agar Anda bisa daftar sitemap blog di Google adalah anda harus punya email Gmail dan sudah memverifikasi blog Anda. Bila belum melakukan verifikasi atau blog wordpress Anda belum terverifikasi, ikuti panduannya di cara verifikasi blog  di Google.

Anyway, di bawah ini adalah cara-cara daftar sitemap di Google. Supaya gambar-gambarnya lebih jelas, silakan arahkan kursor Anda ke gambar tersebut, lalu klik kanan dan  open in new windows.

  • Bila Anda sudah memverifikasi blog wordpress, saat Anda login di Google Webmaster Tools akan ada tampilan Dashboard seperti ini. Lihat bagian yang saya kotaki biru. Klik Add.

daftar sitemap_1

 

 

 

 

  • Akan muncul tampilan sitemap. Yang dikotaki merah adalah jumlah sitemap kita. Bila 0, berarti kita belum mendaftarkannya. Masukkan ujung alamat sitemap kita. Pada contoh ini, saya ketik news-sitemap.xml. Ini untuk daftar new-sitemap. Lalu klik Submit sitemap.

daftar sitemap_2

  • Akan muncul tampilan seperti di bawah. Bila diamati, status pendaftaran: Pending (karena Google perlu beberapa menit untuk up date), statistik sitemap akan terlihat Total URLs:0.  Lanjutkan dengan daftar sitemap.xml di tempat yang saya lingkari biru. Klik submit sitemap.

daftar sitemap 3

  • Karena Google butuh waktu untuk up date, Anda bisa Sign Out atau baca-baca artikel bagus yang ada di dalam Google Webmaster Tools.
  • Setelah setengah jam (ini pengalaman saya lho), login (bila Anda sudah sign out) ke Google webmaster Tools. Klik menus sitemap. Bila sudah diupdate oleh Google,  tampilannya akan seperti ini.

cara daftar sitemap_4

  • Lihat Detail untuk informasi sitemap kita. Tampilannya seperti ini.

 cara daftar sitemap_5

 

Anda mungkin tertarik dengan artikel berguna di bawah ini:

 

Update: Lagi ikutan kontes SEO Aristia Wida Rukmi. Kontes SEO ini adalah salah satu dari Kontes-Kontes SEO yang sedang berlangsung. Sayangnya, belum ada yang tahu wajah Aristia Wida Rukmi

2009 @ http://hermanyudiono.wordpress.com on cara daftar sitemap

127 responses to “Cara Daftar Sitemap Blog WordPress di Google

  1. kang mau tanya, news-sitemap.xml sudah sya daftarkan…namun keterangan pada
    Status :
    Error
    Issue :
    “unknow news site”
    Descriptionnya :
    Your Sitemap is on a site that is not in the Google News database. Google News can only accept Sitemaps from sites that we crawl. If your site is crawled by Google News, please check that the URL of your Sitemap agrees with the URLs of your articles as they appear on Google News, including any leading “www”. If you would like to request inclusion of your site in Google News, please contact the Google News support team.

    Mohon informasinya kang. Trims

  2. makasih broww ,, kalo gak di kasih peta situs ga papa kah?

  3. untung ada ini web jadi saya bisa belajar . makasih ya

    http://bengkelcincin.wordpress.com/

  4. Jangan yakinkan diri bahwa dia menyukaimu hanya karena dia bersikap manis padamu. Kadang kamu hanya sebuah pilihan ketika dia bosan.

  5. Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tak bahagia dengan hidupmu perbaiki apa yang salah dan teruslah melangkah.

  6. terima kasih infonya..saya jadi terbimbing..

  7. Makasih sob atas infonya

  8. terima kasih infonya…

  9. Tanpa menghormati dari isi artikel anda kami denature indonesia hanya sekedar memberikan solusi obat herbal untuk penyakit yang sedang anda deerita, mohon dimaafkan jika tidak berkenan obat penyakit gonore

  10. Makasih buat Aku yang newbie gan…

  11. solusi obat herbal untuk penyakit yang sedang anda deerita, mohon dimaafkan jika tidak berkenan obat penyakit gonore

  12. Gan kalau wordpress yang self-hosted apa sama juga? Thanks :D

  13. Terimakasih atas Informasinya :)

  14. Terimakasih atas Informasinya :)

  15. Terima kasih kakak,
    Aku udah ikutin caranya.
    Masih pending…

    Hehehe
    Main ke blog ku ya…
    Tianyatiadari.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s