Bagaimana Mencegah Demam Berdarah

Demam Berdarah Dengue atau DBD adalah penyakit demam yang disertai perdarahan di bawah kulit, selaput hidung dan lambung, yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Gejala – gejalanya :

• Demam secara tiba – tiba, disertai sakit kepala berat

• Sakit pada sendi dan otot

• Bintik – bintik merah pada lengan dan kaki

• Kadang – kadang mimisan (perdarahan spontan di hidung)

• Sakit perut, rasa mual, muntah – muntah atau diare

• Kejang – kejang

Nyamuk Aedes ini hidup dan berkembang biak pada tempat – tempat penampungan air bersih yang tidak berhubungan langsung dengan tanah seperti : bak mandi/WC, tempat minuman burung, air tempayan/ gentong, kaleng/ ban bekas, talang air di rumah/sekolah, dll.

Perkembangan hidup nyamuk ini dari telur hingga dewasa memerlukan waktu 7 – 12 hari. Hanya nyamuk betina yang menggigit dan menghisap darah serta memilih darah manusia untuk mematangkan telurnya, nyamuk jantan hidup dari sari bunga tumbuh – tumbuhan. Kemampuan terbang berkisar antara 40 – 100 meter dari tempat berkembang biaknya.

Tempat istirahat yang disukainya adalah benda – benda yang tergantung, seperti gordyn, kelambu, baju/ pakaian di kamar yang gelap dan lembab.

Cegah Demam Berdarah dengan Membasmi Sarang Nyamuk

Cara pengendalian DBD yang dapat dilakukan saat ini adalah memberantas nyamuk penularnya, karena vaksin untuk mencegah dan obat untuk membasmi belum ada. Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk selama 30 menit setiap minggu dengan cara :

1. Menguras tempat penyimpanan air seperti bak mandi, drum dan menyikat dinding bak mandi / bak air karena telur nyamuk selalu melekat pada dinding bak. Biasakan mengganti air di vas bunga, Aquarium mini atau kolam ikan mini di halaman rumah sekurang – kurangnya seminggu sekali. Untuk tempat – tempat air yang sulit dikuras, taburkan ABATE ke dalam genangan air atau kolam ikan yg ada dihalaman rumah untuk membunuh jentik – jentik nyamuk setiap 3 bulan sekali atau menaburkan bubuk abate pada dinding bak air sebelum di isi air kembali.

2. Menutup rapat tempat penampungan air seperti tempayan, ceret, dll

3. Membuang dan menguburkan barang bekas yang dapat menampung air seperti kaleng bekas, ban bekas, botol pecah, potongan bambu, tempurung kelapa,dan sebagainya.

Selain 3 M di atas, juga dianjurkan untuk membersihkan lingkungan rumah dari tumpukan sampah yang dapat menampung air hujan, talang air yang tersumbat oleh dedaunan, serta sampah plastik yang dapat menampung air hujan.

About these ads

6 responses to “Bagaimana Mencegah Demam Berdarah

  1. DB merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan.
    Padahal bisa diatasi secara prefentif, antara lain ya 3M itu.
    Tapi rata2 kita menyepelekan pentingnya 3M.
    Setelah kejadian baru ingat.

  2. ikut nyimak artikelnya ya mas

  3. DB dapat membunuh, jadi harus hati2

  4. terimakasih untuk peringatannya….

  5. Ping-balik: How To Prevent Dengue Fever? « He4lthy

  6. bagus artikelnya…makasih ya udah share…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s