Lab PT Inco Direasesmen ISO 17025

Tim ISO 17025Tanggal 10-11 Juni kemarin, Laboratorium Process Technology  PT Inco Tbk Sorowako (tempat saya bekerja sekarang) direasesmen ISO 17025:2005. Kegiatan ini berupa penilaian kembali penerapan ISO 17025:2005 yang sudah diperoleh empat tahun lalu.

ISO 17025: 2005

Sebagai informasi, ISO17025:2005 adalah persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi. Ini merupakan standar internasional yang berprinsip pada good laboratory practices dan sistem mutunya mengacu kepada ISO 9000.Bagi laboratorium jasa dan industri, standar ini bisa dikatakan kebutuhan karena akan membuat laboratorium bersangkutan bisa mengeluarkan data analisis yang akurat, teliti, dan mampu telusur.

 

Asesor

Pada reasesmen kali ini yang bertindak sebagai asesor kepala adalah Drs. Tahid, MSc (peneliti dari Pusat Penelitian Kimia- LIPI, Bandung) dan Dr.Ing Barnas Holil, DEA (dosen kimia ITB Bandung). Kedua asesor ini mendapat mandat dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang merupakan badan pemerintah Indonesia yang memiliki autoritas mengakreditasi suatu laboratorium pengujian atau laboratorium kalibrasi.

 

Sekilas kegiatan

Karena posisi saya sebagai Manajer Mutu di lab PT Inco, maka dua minggu lalu saya sibuk mempersipakan administrasi asesor dan diases di bidang persyaratan mutu. Alhamdulilah, berkat kerja sama dan komitmen kolega serta ridho Allah SWT, lab kami berhasil mempertahankan status akreditasi.

Walaupun demikian, masih ada 17 temuan ketidaksesuaian yang harus kami perbaiki. Yup, dalam bulan ini saya kembali “bergelut” dengan temuan ISO17025. Anyway, selamat ngeblog buat semuanya.

 

Ingin tahu salah satu tempat wisata di sekitar Sorowako, silakan lihat di Pantai Batu Menggoro.

 

Update: Lagi ikutan kontes SEO Aristia Wida Rukmi. Kontes SEO ini adalah salah satu dari Kontes-Kontes SEO yang sedang berlangsung. Sayangnya, belum ada yang tahu wajah Aristia Wida Rukmi 

About these ads

6 responses to “Lab PT Inco Direasesmen ISO 17025

  1. Wah ini baru dapat ISO atau gimana ya…? Saya kok malah bingung

    • @ buJang: Jangan bingung, ini bukan baru dapat ISO namun memperpanjang status akreditasi 4 tahun mendatang. Sebelumnya lab kami dapat ISO pada bulan Mei 2005. Mumet neh bekerja di bagian mutu :-(

  2. ehm gimana caranya membuat ISO 17025-2005…komponen-komponen apa aja yang dibutuhkan..karena bagi pperus kami ini hal baru jadi belum ada contohnya…bisa tolong direkomendasikan tidak contoh ISO sebelumnya supaya kami mempelajarinya? terimakasih

  3. dear kang,

    saya seorang chemist, pernah bekerja di nickel mining area raja ampat papua barat, kemudian di PHK, setelah itu gabung dengan PT Pulau Sambu Guntung sebagai Kepala Seksi Lab Kimia QA, sekarang dlm kondisi jobless, bolehkah saya minta info jikalau ada recruitment di bagian kang yudiono.

    demikian mohon konfirmasi dr kang yudi,

    regards,

    ricoh sutrisno.

  4. Selamat Pagi Indonesia bagian Bandung…

    Mohon informasinya, kami produsen Gasket Asbestos ingin menguji produk dengan data dari hasil pengujian secara laboratium…

    Untuk menunjang data Product Analysis ke Customer..

    Sukses selalu..ditunggu reply nya…Thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s