Menariknya Kasus John Chow vs Google

John Chow ImageSelain kagum akan cara kerja google dan sejarah pendiriannya, salah satu hal lain yang menarik perhatian saya dari Google adalah kasus John Chow melawan Google. Si mesin pencari yang paling banyak digunakan orang ini telah “mengeluarkan” frasa John Chow dari indeksnya. Akibatnya blog http://www.johnchow.com tidak akan bisa kita temukan bila kita mengetikkan query John Chow di Google. Di lain pihak, dengan adanya kasus ini John Chow tidak merasa terganggu sehingga dia masih tetap mendapat ribuan dolar dari blognya setiap bulannya. Pertanyaan menarik yang layak diajukan, seberapa penting Google bagi para pemiliki blog untuk meraup dolar dari blog?

 

Siapa John Chow?

John Chow adalah salah seorang blogger papan atas dengan penghasilan lebih dari ratusan ribu dolar AS setiap tahunnya. Ia merupakan blogger keturunan China yang tinggal di Kanada. Sumber penghasilannya antara lain paid review, ads link, dan iklan. Sebagai informasi, John Chow dibayar US $ 200-400 oleh ReviwMe untuk sebuah reviewnya.  Bayangkan, kalau dalam sebulan dia menulis 10 review, berarti dia sekurang-kurangnya dapat $ 2,000. Belum lagi kucuran dolar dari sumber yang lainnya.

Kasus John Chow vs Google

Pada Desember 2006 John Chow mulai melakukan kampanye link balik di blognya. Kampanye ini berupa link balik dari blognya untuk setiap blog lain mereview blog John Chow dengan anchor text “make money online”. Sebagai informasi, anchor text adalah kata kunci yang digunakan untuk melink.

Dari kampanyenya itu John Chow memperoleh link dari 870 blog atau situs. Hasilnya, blog John Chow berada di rangking satu Google untuk query “make money online”. Dengan menempati urutan pertama ini, pengunjung dan terutama pundi-pundi dolar Joh Chow meningkat drastis. Jika sebelumnya ia memperoleh $2,700, maka setelah kampanye itu penghasilannya menjadi $12,570 per bulan (sampai Juni 2007). Dengan kata lain ada peningkatan $9,000 dolar setiap bulannya.

Namun, “kedahsyatan” John Chow tidak berlangsung lama. Google mengeluarkan blognya dari indeks Google dan Technorati menurunkan peringkatnya di luar 100 besar. Tidak ada penjelasan mengenai mengapa Google dan Technorati melakukan itu.

Terkait Google, beberapa blogger dunia berasumsi hal ini karena:

  1. Algoritma google bisa “dibodohi” dengan kampanye link balik sebanyak-banyaknya untuk menaikkan kata kunci tertentu.
  2. Kampanye link ala John Chow dianggap tidak etis (curang).

 

John Chow makin populer

Walaupun kecewa, setelah kasus ini John Chow makin terkenal. Banyak blog yang membahas kasus ini dari berbagai aspek baik positif maupun negatif. Karenanya, ribuan pengunjung membanjiri blog John Chow karena penasaran dan bersimpati. Tak pelak lagi, setiap bulan pelanggan John Chow bertambah ribuan. Saat ini dia punya 41,000 follower dan 49,510 reader.

Ini salah satu peryataan John Chow saat menjawab pertanyaan seorang blogger:

Traffic has actually been higher than normal and my RSS subscriptions have increased by over 1,000. If Google’s intention was to teach me a lesson, they’ve done a very bad job at it. All they’ve done was gave me a ton publicity. My traffic will continue to grow without the help of Google because I don’t live by the Google. Too many webmasters make the mistake of depending on Google for all their traffic , or worst, all their income. If you make your money online, how can you sleep at night with that kind of setup?

 

Dari kasus John Chow vs Google ini, saya bertanya siapa yang salah? Lalu masih pentingkah Google bagi para blogger untuk meraup dolar?

Opini Saya

  • Untuk menjadi nomor satu di Google, kita harus melakukan secara fair, proporsional, dan etis, jangan melalui kampanye link.
  • Google masih relatif penting. Bagi blogger papan atas yang mancari dolar dengan blognya mungkin gak terlalu penting karena mereka sudah terkenal dan banyak pelanggannya. Di sisi lain, bagi blogger pemula yang sedang berjuang mencari dolar, menjadi nomor satu atau 10 besar di Google sangat penting sebagai “generator” pengunjung yang bisa didapat secara terus menerus (bila Anda merasa penting menjadi nomor satu di Google dan belum tahu caranya, ada baiknya membaca tulisan saya tips menjadi nomor satu di Google dan panduan agar blog menjadi ramah Google).

Kesimpulannya, kasus John Chow vs Google merupakan kasus menarik yang memberi warna blogosphere. Setujukah Anda? ***

Sudah tahukah Anda cara jitu meningkatkan Rank 0 menjadi Page Rank 2? Kalau belum silakan baca selengkapnya di 4 Cara Jitu Meningkatkan Page Rank.

 

Update: Lagi ikutan kontes SEO Aristia Wida Rukmi. Kontes SEO ini adalah salah satu dari Kontes-Kontes SEO yang sedang berlangsung. Sayangnya, belum ada yang tahu wajah Aristia Wida Rukmi

2009 @ http://hermanyudiono.wordpress.com on Kasus John Chow vs Google

About these ads

18 responses to “Menariknya Kasus John Chow vs Google

  1. Kang Yudiono, ajarin biznis internet dunk. ^_^

    @Ivanbatara: He he he…jadi malu neh :P. Aku juga lagi belajar, belum banyak pengalaman sobat. Bagaimana kalau belajar bareng saja. Kapan neh pulang ke Sorowako?

  2. bagian terakhir aja deh yg say akomenin.
    saya baru 2 bulan udah dapet PR 2.
    tapi saya ga tau triknya gimana… hehe…

    Salam kenal

  3. memang sangat fenomenal kasus john chow, saya baru saja mendapat tweet dari john chow, begini isinya:
    “JohnChowDo a search for John Chow on Google and tell me what’s #1 please.”

  4. makasi mas, buat tips2nya ttg SEO.
    saya masih awam sekali mengenai hal itu.ini saya baru aja buat blog, dan saya berharap sekali teman2 bisa mengunjungi blog saya dan ngasi komentar, cz saya masi btuh byk pencerahan dari kawan2 sekalian,…
    terima kasih…

  5. Ping-balik: John Chow Muncul Kembali di Google | Blogodolar.com

  6. Mantap john chow :)
    Seandainya ikut kontes SEO orang sepeti john chow untuk juara satu palingan cuman membutuhkan waktu satu bulan kali yah?

  7. Waduh, google pun takluk dengan kampanyenya . . .

  8. Coba kita pikirkan sama – sama ” how to kill search engine ” or ” search engine killerr ” kl berhasil kita gak perlu lagi mesin pencari…huehuheuheuheu

  9. bang tolong beriin donk sedikit trik dasar dalam menerapka SEO…!!!
    maklum ak bloger pemula jadi mohon bantuannya

    tolong kunjugi blog aka jugaya…
    marajus.wordpress.com

  10. wah seru juga ceritanya. Ya memang bener. meskipun page rankku turun, tapi trafik malah naik. kayaknya pagerank gak seberapa pengaruh ama trafik.

  11. emang gile tu jhon chow,,,
    gelleng2

  12. semoga cerita ini dan semangat tak bergantung pada google jhon chow ini bisa menjadi teladan, khususnya buat saya…hiks..hiks huaaaaa….google telah meng-shandbox blog saya…karena seubah keawaman….

  13. kalau menurut saya
    sebaiknya sebaiknya kampanye terhadap blog di lakukan melalui isi content yang benar benar berguna untuk pembaca blog bukan dengan kampanye link.

  14. Benar juga kata mas Suardiman. Banyak kriteria buat
    menarik perhatian blog kita dimata google

  15. Backlink bener penting….

  16. Salurkan Zakat anda di dasi NTB 0370-6627478

  17. Wah john Chow emang keren ada masalah malah tambah beken, akhirnya earningnya makin naik deh. Mantap,,

  18. menarik sekali john chow,saya malah baru tahu,,hahaha, maklum new be,jempol banget buat pencerahannya,di tunggu juga kunjungannya nih,kang!!!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s