Sejarah dan Sumber Pendapatan Google

Foto Googleplex Kita mungkin tidak asing lagi dengan Google. Mesin pencari ini memudahkan kita mencari informasi yang relevan dan secara cepat di internet. Kedua hal ini telah menjadikan Google sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia (53,6 %), disusul Yahoo (19,9 %), dan MSN (12,9 %). Pada postingan kali ini saya ingin mengajak Anda mengenal lebih dekat Google dalam hal sejarah pendirian dan sumber utama pendapatannya.

Sejarah Google

Sejarah Google dimulai Januari 1996. Saat itu Larry Page dan Sergey Brin (keduanya mahasiswa PhD di Universitas Standford Amerika Serikat) melakukan sebuah penelitian untuk menciptakan sebuah mesin pencari baru yang memberikan hasil pencarian yang lebih baik (relevan) bagi penggunanya. Mereka berhipotesis bahwa hasil pencarian relevan ini akan dihasilkan bila mesin pencari itu bisa menganalisis hubungan antar website. Mereka akhirnya menghasilkan mesin pencari baru yang dinamai BackRub. Namai ini diambil karena mesin pencari ini menganalisis backlink antar website.

Page dan Brin menguji BackRub pada website Universitas Stanford dengan nama domain google.stanford.edu. Mereka berhasil dengan pengujian ini. Dengan keberhasilan ini, Page dan Brin meregistrasi domain google.com pada 15 September 1997 dan mendirikan perusahaan dengan nama Google Inc pada 4 september 1998. Nama google sendiri merupakan plesetan dari googol yang berarti 10 pangkat 100.

Pada awalnya perusahaan ini berlokasi di sebuah garasi teman mereka di Menlo Park California. Total investasi perusahaan ini adalah hampir 1,1 juta dolar, dengan 100 ribu dolar berasal dari Andy Bechtolsheim (salah seorang pendiri Sun Mycrosystem.  Pada Maret 1999 perusahaan ini pindah ke Palo Alto, sebuah kawasan elit tempat pengembangan teknologi yang dikenal dengan nama Silicon Valley. Dengan cepat, google.com menarik perhatian pengguna internet dunia karena kemudahan dan kerelevanan hasilnya.

Seiring kemajuan yang pesat ini, Google menyewa sebuah kompleks bangunan di Mountain View dari Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 2007. Kompleks ini dikenal dengan nama Googleplex, dan telah dibeli Google dari SGI pada 2006 dengan harga 319 juta dolar.

Saat ini Direktur Utama (CEO) Google adalah Dr. Eric E. Schmidt, sementara Sergey M. Brin bertindak sebagai Presiden Teknologi dan Larry Page berperan sebagai Presiden Produk. Sampai 31 Maret 2009 Google memperkerjakan 20,164 karyawan.

Dari kiri ke kanan: Schmidt, Brin, & Page

Sumber Pendapatan Google

Dari mana Google mendapatkan keuntungan padahal kita menggunakan Google dengan gratis? Jawabannya adalah dari iklan. 99% pendapatan Google berasal dari iklan yang dinamakan Google Adwords. Seberapa besar pendapatan itu? Besar sekali. Sebagai contoh, untuk tahun 2006 saja Google meraup 10,492 milyar dolar AS dan hanya mengeluarkan biaya untuk opreasional iklan itu sebesar 112 juta dolar AS.

Nah, sekarang kita sudah tahu kan sejarah dan sumber pendapatan Google. Semoga ini bermanfaat ya.***

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara kerja mesin pencari Google? Kalau belum, silakan temukan informasinya di Proses Kerja Google.

Artikel berguna lain:

 

Update: Lagi ikutan kontes SEO Aristia Wida Rukmi. Kontes SEO ini adalah salah satu dari Kontes-Kontes SEO yang sedang berlangsung. Sayangnya, belum ada yang tahu wajah Aristia Wida Rukmi

 

2009 @ http://hermanyudiono.wordpress.com on sejarah dan pendapatan Google

About these ads

23 responses to “Sejarah dan Sumber Pendapatan Google

  1. Kalau sejarah “Ask.com dan skweezer.com” ada gak, kang ?

  2. nah, sejarah Yahoo! gimana? kalo gugel sih dah banyak yang tahu, tapi Yahoo kagak ada yang tahu…
    Btw, tulisannya informatif tu mas..

  3. nice posting kang, tentang kantor google dan isinya sudah dibahas belum kang? sepertinya menarik :D

  4. mantap infonya kang, saya baru tahu

  5. google memang fenomenal kang.. postingan ini menambah referensi saya tentang google.. informatif kang.. tks for share ^^

  6. siip dah..
    informasi ini memacu diri dan memotivasi untuk terus berusaha pantang nyerah…
    thanks…

  7. Sayta sudah pakai cara seperti itu tapi blog saya masih sepi. Anda bohong ya

  8. Artikel yang bagus dan padat, sangat berguna buat menambah pengetahuan tentang IT, mohon izin copy paste di blog kami http://apakabarsidimpuan.com yah boss, tentunya dengan sumber yang jelas..

    salam

  9. wah infonya sangat membangun untuk perkembangan bisnis online kang terima kasih ya

  10. Wah.. menarik sekali postingan tentang om Google :P Luar biasanya pendapatan om G yach.

    Salam hangat dari cara sehat

  11. google bisa kaya dan bikin kaya para netter juga ya pak…
    salam kenal

  12. masih muda tapi udah memiliki penghasilan serupa dengan para ushawan 50 tahunan

  13. sungguh hebat memang google

  14. wah keren banget infonya….

  15. ternyata google punya pendapatan juga, menarik banget ulasannya….

  16. ternyata google keren banget dapat sumber pendapatan ya….

  17. mamtap dan keren……

  18. Excellent blog you have here.. It’s hard to find good quality writing like yours nowadays. I seriously appreciate individuals like you! Take care!!

  19. Meski sangat banyak perusahaan besar lainnya, tapi sepertinya Google tetap menjadi pilihan utama advertiser. Maklum juga sih, cuz SE Google emang yang terbesar. Nice share Kang :)

  20. Hey! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers?
    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing a few months of hard work due to no back up.
    Do you have any methods to prevent hackers?

  21. Google memang luar biasa..semoga nanti saya bisa seperti google. :)
    salam kenal kang…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s