Cara Praktis Membuat Tabel di Blog WordPress

Gambar TabelPada postingan dolar dari blog kemarin, saya untuk pertama kalinya menampilkan tabel. Kenapa pertama kali? Karena saya baru bisa membuat tabel di blog worpress baru dua hari lalu (maklum pemula). Sebenarnya keinginan ini sudah lama, namun dulu saya tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Untungnya, waktu saya jalan-jalan ke blog orang dua hari lalu, saya menemukan tips membuat tabel.

Oleh karena itu, pada postingan kali ini saya berbagi pengalaman cara membuat tabel, siapa tahu saja Anda belum mengetahuinya. Cara ini sangat praktis karena hanya tiga langkah di saat kita membuat postingan, tanpa harus mengerti bahasa HTML atau java script. Oke bro, gak perlu panjang lebar, di bawah ini adalah cara-cara membuat tabel di postingan blog wordpress.

  1. Buat materi postingan yang ada tabelnya di Microsoft Word terlebih dahulu.
  2. Login ke blog wordpress Anda, lalu buat ADD NEW pada POST. Klik tombol PASTE From Words (lihat panah merah pada gambar di bawah ini).

Gmabra paste as plain text

3. Akan muncul tampilan Paste From Word seperti ini.

Gambar Paste from word

4. Kembali ke Microsoft Word, blok materi postingan semuanya, lalu COPY.

5. Kembali ke tampilan Paste From Word , tekan CTRL+V di keyboard Anda, dantekan Insert. Contoh hasilnya seperti di bawah.

Gambar paste from word_edit

6. Materi dan tabel akan masuk ke tempat postingan. Silakan Anda atur kerapiannya dan edit sesuka Anda (misalnya beri warna yang berbeda dengan huruf postingan dll).

7. Setelah selesai menulis, klik Publish. Lihat tampilannya di Site View.

8. Selesai deh… :-)

Praktis toh cara membuat tabel di wordpress? Selamat mencoba.***

 

Tertarik tips praktis lain, silakan baca lebih lanjut di tips wordpress sederhana bagi pemula.

 

Update: Lagi ikutan kontes SEO Aristia Wida Rukmi. Kontes SEO ini adalah salah satu dari Kontes-Kontes SEO yang sedang berlangsung. Sayangnya, belum ada yang tahu wajah Aristia Wida Rukmi

 2009 @ http://hermanyudiono.wordpress.com on cara membuat tabel di blog

103 responses to “Cara Praktis Membuat Tabel di Blog WordPress

  1. Kalo hal ginian biasanya “berurusan” ma babe mas… hihih… syiikk kita tinggal taw beressss….siipp infonya

  2. Ping-balik: Menjadi nomor satu di Google – up date Mei 2009 « Blognya Kang Yudiono

  3. Thanks artikelnya.. dicoba ya..

  4. Ping-balik: Cara Memasang Alexa di Wordpress « Blognya Kang Yudiono

  5. tengkyu atas infox yee.. salam ngeblog

  6. terima kasih banyak…padahal gampang kali ya..tinggal copy paste aja..hihihi…

    @Oncom: Iya Mas. Tinggal copas

    :D

  7. wew…thank info na sedot dulu ilmu na dikit

  8. wah, tambah ilmu lagi, nih.
    makasih udah ngeposting kaya beginian.
    maklum, newbie.

    http://tforce2009.wordpress.com/

  9. semudah itu kah…?
    tak ku sangka….. ;)
    terima kasih ilmunya….. :)
    oh ya saran : pada langkah yang kedua itu kan ditulis “2. Login ke blog wordpress Anda, lalu buat ADD NEW pada POST. Klik tombol PASTE AS PLAIN TEXT (lihat panah merah pada gambar di bawah ini)” nah pada tulisan tersebut sebaiknya tulisan PASTE AS PLAIN TEXT sebaiknya diubah menjadi PASTE FROM WORD karena saya lihat tidak sesuai dengan gambar dan penjelasan dibawahnya…. :( terima kasih…. :)

  10. terima kasih informasinya…….

  11. dwik adhi saputra

    Wah terima kasih mas tips nya..
    saya jadi sangat terbantu..hehehe

  12. artikelnya bagus broo….
    nampak jelas ada semangat berbagi yang sangat kuat.
    yang biasa saya lakukan jika memindahkan naskah dari ms word ke wp adalah langsung copy-paste. (lebar halaman harus disesuaikan dulu)

  13. mas klo buat tabel di Blogger gimana mas??

  14. makasih mas,,,

    akhirnya nemu juga cara bikin tabel di wordpress.com…

  15. sorry ; out of content :) cm mo silaturrahim …:D

  16. ooo….tinggal copy paste aja toh…xixixxixi

  17. salam kenal…
    makasih infonya mas.
    saya kebetulan newbie di dunia blog, n surfing tentang membuat tabel di wordpress. infonya sangat membantu sekali.
    izin copy info and exchange line yah mas.
    thank’s

  18. wah ini yang saya suka tapi belum pernah tahu cara penggunaannya.Thanks ya mas monggo mampir…

  19. Blog yang sangat membantu kami, terima kasih postingnya

  20. Ping-balik: Edit Excel « DATA QIRAATI

  21. yang ini lebih mudah, bang.daripada menggunakan plugin table-nya wordpress, dasarnya saya gaptek kode html.

  22. emang tinggal copy paste saja..saya juga buatnya demikian..

  23. mas kalo di wordpress.com bisa bikin sitemap gak hehe soalnya temen saya ada yang nanya dan saya gak expert di wordpress.com zoz saya pake wordpress.org custom blog, mohon pencerahannya mas

  24. Thanks info y.. Mantaf

  25. Wuih Muantap banget boss keterangannya, ane barusan ngikutin cara ente buat alexa rank dan pencari IP. Dan hasilnya, Binggo. Alhamdulillah udah bisa, tadinya ragu ngikutinnya. Dulu saya pernah ngikutin cara posting kayak begini tapi ga berhasil, sekarang udah bisa. Trims atas infonya.
    Tema nya sama banget dengan blog punya saya, di http://www.bisnis tasik.com dan http://www.anak anak tasik.com Sekali lagi terima kasih Kang Herman.

  26. garis tabelnya masuk tapi koq buram dan tidak seperti bentuknya di ms.word) tapi ketika di insert dan publish tidak nongol..cuma text doang yang muncul gimana nih…:(

  27. sip2…….
    coba dulu deh………..

  28. ini dia yang dicari2 ternyata begitu caranya ya,
    makasih infonya mas

  29. saya baru mencoba buat blog.
    materi ini sangat membantu saya.
    tapi saya ada kesulitan di dalam membuat gari pada tabel tersebut.
    mohon diberitahukan caranya .
    terima kasih.

  30. He…her…ternyata mudah buat tabel

  31. wuah ini neh yang di cari2 caranya bikin table…
    makasih yah tutorialnya… dan salam kenal

  32. wah sangat membantu sekali buat newbie seperti saya ini….thanks gan…:D

  33. wah membantu sekali nich. ech koq tampilnya di halapan beranda sich. gimana kalo mo tampil di halaman tauhid? tolong bantu yach…
    PEMULA banget di WP.

  34. terima kasih tips cara membuat tabel di wordpress. sangat bermamfaat sekali. Tak coba dulu mas. Jaya terus untuk anda. trims sekali lagi. Anda hebat….

  35. Mas, tanya nih, toolbar menu pada halaman edit page sering tidak tampil semua, terutama toolbar untuk paste from word dan sederetnya. Caranya gemana untuk memunculkannya? Thanks

  36. mantap nih,,, makasih tipsnya sangat membantu.
    link back : Kumpulan dollar gratis di internet
    Enjoy :-)

  37. duh, thanks banget ya infonya… that’s simple but sipp deh…

  38. Ping-balik: Cara Memasang Alexa di WordPress | seluruhdunia.co.cc

  39. tengkiyu gan, langsung dicoba..

  40. Ping-balik: Membuat Tabel « Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kumai Hilir

  41. ooo, ternyata gampang begini toh… aku kirain sulit hehehe… :P kalau cara insert kode CSS gimana kang? maksudnya bukan kita menampilkan kode CSS pada artikel, melainkan menggunakan fungsi kode CSS itu sendiri untuk artikel.

    -mudah2an pertanyaan saya tidak membingungkan-

  42. makasih kang….jadi ada solusi nih. sulitnya minta ampun pas harus ngumumin nilai siswa. tak coba dulu

  43. Salam sahabat.., maen lagi kesini cari info terbaru sambil belajar tutor worpress membuat tabel, mantep nih bahasanya mudah di pahami.., eh boleh ga tukar link dgn site ini?

  44. Boleh juga idenya…
    ntar tak terapin deh.., maklum blogger amatir, msh butuh bimbingan :)

  45. Mkasih om infonya

  46. Sippp…! salam kenal mas yud, sekaligus sedikit saya tambahkan, kita juga bisa kok, langsung copy paste dari word tanpa tanpa meng-klik icon paste from word … coba saja.

    http://astrasatria.wordpress.com

  47. hehe…nemu jg infonya! kebetulan postingan terakhir masih acak adut…thanks!

  48. oh gitu toh caranya..makasih banyak mas..

  49. mas..izin add linkx di blog ya..makasih

  50. Ternyata mudah,,,,trims

  51. nah ini dia yg aku cari :D makasih ilmunya masbro… sekalian ijin nampilin link di blogku

  52. trimakasih tipsnya, siap diterapkan di blog, thx

  53. blog yang bagus makasih brow………..

  54. toolbar nya ilang… gmn cara mnculin lagi??

  55. Thanks infonya gan.. very useful for me
    saya langsung cb..

  56. manteb ni gan artikelnya makasih sangat bermanfaat

  57. sudah saya praktekan dan terima kasih infonya:D

  58. terimakasih infonya :-)

  59. o…begitu rupanya…tinggal do copy paste saja toch….baiklah…:D

  60. Thanks utk artikelnya……and bermanfaat buangetttttt

  61. Terimakasih bro, semoga Tuhan YME menambah lagi ilmu anda. Amin

  62. thks banget … jadi terbuka pikiran … hehehe ini emang yang kucari … :D

  63. Thanks banget buat info nya. Terus terang saya sudah cari cara buat tabel untuk wp, tp yg lain lebih ribet. Moga cara yg satu ini bisa segera saya terapkan di blog saya

  64. Info yang bagus gan. :D
    Salam Kenal

  65. Ping-balik: agebei kotak edelem postingan | Usmanfaddol's Blog

  66. Ping-balik: CARA MEMBUAT TABEL DI BLOG WORDPRESS « tipstrickblog.com

  67. numpang singgah…blog walking

  68. oooohhhhhhh, gitu yah..okelah…bloh walking

  69. Terimakasih telah berbagi. :-)

  70. trim’s info nya, update terus ya??.

  71. MAs,, untuk tabelnya dah jadi, cuma ada masalah dikit nih mas,,
    kok kenapa, tabel yang di pasang di area dasbar gak sesuai ukurannya saat tampil,,, alias sebagian kolom hilang.. mohon pencerahan..
    trima kasih,,

  72. Matur kasih akang….

  73. mantap kang mas… tak coba dulu

    berita hot terbaru ada disini kang mas..

    http://berita-kompas.blogspot.com/

  74. gan.. kalau bikin tabel blognya pake wordpress.org gmna?

  75. ane pake wp 3.4.., cara ini berhasil tapi tetap tabelnya ga kliatan… ada solusi laen gak..?

  76. Ping-balik: Tips WordPress | Hendrix UBL

  77. Hal ini salahsatu aplikasi yang cukup menarik untuk didalami lebih mendalam.
    Terimakasih atas sharing dan tulisannya. Semoga Sang Hyang Widhi memberkahi niat baik Anda

  78. Ping-balik: B A N G F A ! Z | BIKIN TABEL DI WORDPRESS

  79. Mantap infonya gan, terimakasih banyak .

  80. Ping-balik: BIKIN TABEL DI WORDPRESS | meiswenda

  81. walah.. ternyata gampang to.. :D
    makasih mas :)

  82. Punya saya kok gak mau muncul juga ya? apa pengaruh template, padahal waktu edit ada table nya..

  83. Ping-balik: BIKIN TABEL DI WORDPRESS | Multimedia World

  84. terima kasih mas.

    selain cara diatas, apa ada cara lainnya?

  85. Buku Rohani Kristen & Katolik

    ooo…begitu ya ya gan caranya,makasih ya untuk tutorialnya.

  86. Hidup itu seperti drama dan kamu bisa memilih untuk menjadi penontonnya atau pemainnya.

  87. mas, pd blog saya tidak ada simbol paste from word spt pd gambar, itu gimana?

  88. terima kasih atas artikel yang menarik nya om. thx u

  89. Wah perlu di coba nih gan… saya baru tahu kalau di wordpress bisa buat tabel pada post.

Berikan Balasan

