Proses Kerja Google

ilustrasi-googlebot-atau-laba-laba-googleDisadari atau tidak, Google telah menjadi kebutuhan pokok kita dalam mencari informasi di internet. Dengan mengetikkan kata kunci (kata tunggal atau frasa), dalam hitungan nol koma sekian detik Google menyajikan hasil pencarian yang relevan kepada kita. Bagaimana proses kerja Google dalam menyajikan hasil pencarian kata kunci tersebut?

Sebelum mengetahuinya, perumpamaan sederhana berikut akan memudahkan kita memahami proses kerja Google. Bila kita sedang membaca suatu buku (misalnya buku kimia) yang tebal di perpustakaan dan kita ditanya oleh teman mengenai femtokimia (yang memang kita tidak ketahui), cara cepat untuk mejawabnya adalah dengan mencari kata femtokimia ini di indeks buku tersebut. Dari indeks tersebut kita akan tahu halaman apa saja yang mengandung/menjelaskan kata femtokimia. Bila kita mencarinya kata per kata dalam setiap halaman, tentu ini akan membutuhkan waktu yang lama.

Begitu pula dengan proses kerja Google. Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci di Google, maka Google akan mencarinya di indeks (daftar kata-kata) yang mereka punyai, lalu menyajikan hasil pencarian tersebut.

Jadi, poin pentingnya adalah indeks Google. Indeks ini di-update setiap saat dan secara automatis. Bagaimana Google mang-up date indeksnya? Berdasarkan literatur yang saya peroleh di Google Webmaster Tools, cara meng-up date ini dilakukan melalui dua proses  kerja yaitu crawling (menjalari/menggerayangi) dan indexing (mengindeks).

Crawling

Bila disederhanakan, crawling adalah penjalaran untuk mengetahui suatu situs baru, perubahan/up date suatu situs, dan jumlah link. Proses kerja ini menggunakan software super canggih yang disebut Googlebot (kadang disebut juga robot atau laba-laba Google).

Saat laba-laba Google mendatangi suatu situs, proses kerjanya dimulai dengan mendaftar semua URL dan link (yang diperoleh dari  penjalaran sebelumnya) lalu menambahkannya di daftar sitemap situs tersebut. Daftar sitemap ini yang digunakan selanjutnya dalam proses indexing.

Indexing

Proses ini berupa kompilasi semua kata  (termasuk tag judul dan judul gambar yang diupload) yang ada di suatu situs lengkap dengan lokasinya di indeks Google. Googlebot dapat mengindeks banyak isi situs, namun tidak semua isi. Contohnya isi situs yang kaya akan media files.

Kesimpulannya, proses kerja Google dalam menyajikan suatu hasil pencarian dipengaruhi oleh penjalaran dan pengindeksan. Agar blog/web Anda terangking baik dalam hasil pencarian Google, kita harus “meyakinkan” Google supaya menjalari dan meng-indeks blog/web Anda dengan benar.

Caranya dengan meng-update isi blog dan menambah jumlah link yang ada di blog/situs kita. Kedua hal ini dilakukan dengan search engine optimization (SEO). Tips menjadi blog nomor satu di Google merupakan tips-tips yang wajib Anda ketahui untuk melakukan SEO.***

 

Artikel berguna lain:

 

Update: Lagi ikutan kontes SEO Aristia Wida Rukmi. Kontes SEO ini adalah salah satu dari Kontes-Kontes SEO yang sedang berlangsung. Sayangnya, belum ada yang tahu wajah Aristia Wida Rukmi

2009 @ http://hermanyudiono.wordpress.com on proses kerja Google

5 responses to “Proses Kerja Google

  1. info yg bgus kang,,,
    ohya kang,,q pngen tnya,,
    cra bkin spaya gambar bisa ke indek juga gmna ya kang??
    mhon bantuannya,,,

  2. @Ardhan22: coba kasih “alt” di kode-nya :)

  3. nice inpo gan…thnkss

  4. Mas tolong buatin artikel yang lebih lengkap tentang google, termasuk beberapa alogaritmanya. atau kirimkan ke email saya. Soalnya saya mau buat search engine saya sendiri dg alogaritma ciptaan saya digabung dg beberapa alogaritma search engine lain. Saya juga yakin, search engine saya tdk akan bisa mengalahkan google atau yg lain. tapi saya cuma mau membuat search engine sebagai salah satu webmaster tools, sekaligus mempelajari alogaritma google agar bisa memperdalam ilmu SEO. mohon bantuanya.

  5. (proses kerja google)
    Karna aku tdk ngrti gugel webmaster, jadi mau nanya nih sob :) proses krja gugel dijalankan org atau bkrja sndiri scara otomatis? krna mngingt gugel mmiliki pnilaian terhadap suatu web blog yang mmpuh dia ktahui baik buruknya suatu web blog.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s