Cara membuat read more di wordpress

Bagi saya yang pemula di blog wordpress, cara membuat read more di wordpress merupakan hal yang membingungkan. Karena tidak tahu cara membuat read more di wordpress tersebut, postingan saya panjang-panjang (gak bisa di-split) sehingga blog wordpress saya kurang enak dilihat. Apakah Anda menemui hal sama, yaitu belum tahu cara membuat read more di wordpress? Tenang, jangan panik, sebentar lagi Anda akan tahu cara membuat read more di wordpress.

Bagi yang ahli di blog wordpress, mungkin cara membuat read more ini merupakan hal yang cetek. Atau, mungkin juga ada cara lain yang lebih canggih.

Tapi gak apalah, cara membuat read more di wordpress ini saya jadikan  postingan sekaligus tips wordpress  pertama saya, siapa tahu saja teman-teman lain belum ada yang tahu bagaimana cara membuat read more di wordpress ini.

Sekedar sharing saja, di bawah ini cara-cara membuat read more di wordpress.

  1. Saat Anda menulis posting di dashboard blog wordpress Anda, letakkan kursor di tulisan yang mau Anda split. Dari gambar di bawah, saya lingkari merah paragraf postingan saya yang akan di-read more (di split).

read-more-1

2. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, klik icon insert more tag yang saya kotaki merah, maka akan muncul garis-garis dengan ujungnya ada kata “more” (lihat yang saya lingkari biru pada gambar di bawah ini).

read-more-2

3. Klik tab HTML, maka postingan anda akan diubah ke kode html. Cari kode html berikut <!–more–>. Lihat yang saya lingkari merah di bawah ini.

read-more-3

4. Tambahkan kata persis di depan kata more (jangan ada spasi) sesuai selera Anda, misalnya keep reading…, lanjutkan membaca, dan lain-lain. Dalam contoh di bawah yang saya lingkari merah, saya menambahkan kata “Baca Selengkapnya…”

 read-more-4-bagus

5. Klik Publish (bagi new post) atau update post (bagi postingan yang diedit).

6. Lihat hasilnya dengan mengklik kata visit site. Contoh hasilnya  seperti ini.

read-more-5

 

Begitulah cara membuat read more di wordpress. Mudah kan? Selamat mencoba ya dan semoga setelah Anda tahu cara membuat read more di wordpress, blog wordpress Anda makin menarik.

Salam dari Sorowako…hermanyudiono

 

Update:

Udate lagi:

Kontes SEO Aristia Wida Rukmi makin seru. Di Kontes SEO tentang Aristia Wida Rukmi ini mudah-mudahan saya bisa mempertahankan posisi 5 besar yang saya tempati sekarang.

101 responses to “Cara membuat read more di wordpress

  1. saya ini orang udik dari belantara kalimantan timur, terima kasih atas saringannya (sharingannya).

  2. Informatif kang..apalagi buat saya yang baru aja gabung, belum posting tulisan baru cari2 tips cara bikin blog yang informatif.

    • @Mas Wahyu…terima kasih dah mampir. Masih banyak tips sederhana lain yang saya ketahui, tapi belum saya tulis. Gak sempat terus karena pekerjaan kantor lagi banyak. Semoga blognya mantap deh, nanti saya mampir dan tukaran link ya :-)

      @urang kutai, trims sudah mampir. Kita sama-sama berada di belantara, out of civilization getu lho

  3. wah wah,. ternyata ribet yahh.,
    nice info :)
    blog link yahh,.

  4. aduwwwhhh bingung…

    saya juga terbilang baru di wordpress dan sempat bingung juga gimana caranya bikin readmore

    nanti deh coba saya praktekkan..

    salam juga dari Makassar..

    • @litleucrit, trims dah mampir. Selamat mempraktekannya :-)

      @aanyelir, trims juga dah mampir dan tukaran link. Saya sudah back-link. pls check this out :-P

  5. Makasih sudah mampir ke blog saya. Linknya segera saya pasang.

  6. Thank,s sharingnya mas,
    mau nanya neh mkalum newbie.
    Gimana membuat beberapa more dalam satu postingan ? misalanya neh :
    blslsllss….read more…
    trus Gw nulis lagi neh dibawahnya….
    cara menulis read more dipostingan….baca selengkapnya
    ..

    apa ada kode penutup untuk membatasi tulisan yang pertama dan selanjutnya agar…satu artikeltetap terbaca tapi banyak kata lrad more di dalamnya

    rgrds

    chokey fro..you know lah hehehe

    • @ Om Chokey…Trims dah mampir. Coba saja gunakan ikon insert more tag di beberapa paragraf postingan Anda.
      @Mas Marsudiyanto, trims.

  7. wahh hebat banget nihh infonya,selama ini saya nyari2 cara engga ketemu malah hehehhe
    buat mas hermanyudiono makasih banyak ya infonya,kalo ada info bagus lagi kasih tau saya ya hehehh

    @Evan: terima kasih :)

  8. makasih ni infonya,manfaat banget.

    @Panduan Blogger: Selamat mencoba Mas :D

  9. langsung dicobain ni.thanks ya

  10. wahh tengkyu banget neeh…
    *baru teu ne,hehe*

    @Adilahat: Sama-sama Mas :D

  11. kalo sudah diterbitkan naskah artikelnya, bagaimana ngeditnya (BIAR MUNCUL KOTAK SEPERTI GAMBAR PERTAMA DIATAS). soalnya pas saya waktu mau nyunting, kok cuma muncul gambar ketiga sprt diatas (TANPA ADA TULISAN “VISUAL” dan “HTML”?
    tolong bantuin ya kak!!!!!!

    • Kang Yudiono

      @Lukman: Coba klik My Dashboard—>Edit Post. Mestinya tulisan Visula dan HTML muncul lho :D

  12. sy sdh coba semua instruksinya step by step tp tetap tdk bisa….

    @Andi Nyem: Koq saya bisa ya. Barangkali theme wordpress Anda Mas yang gak support?

  13. Yeni Mulyani on Oriflame Lovers

    Wah bermanfaat banget nih mas, terima kasih infonya yach. Mau langsung saya praktekan nich..:)

  14. trims atas infonya… ditunggu tips2 selanjutnya y kang yudiono…

  15. salam kenal mas herman
    infonya lengkap sekali mas
    sebelumnya saya sudah nyoba, tapi hasilnya belum sesuai harapan
    trims

  16. makasih infonya jelas banget

  17. Petunjuk mas herman sdh sy coba. ternyata di WP versi baru, kode HTML yg keluar cuma “more”. tp sy coba ikuti dgn menuliskan kata setelah “more”. Dua kali dicoba blm berhasil. Ternyata ada themes tertentu yg memang tdk bisa. Setelah dua kali ganti themes, baru bisa. Pelajaran yg bisa diambil ternyata tdk semua themes bisa dipakai untuk read more. Anyway, terima kasih buat guidance-nya mas. Sangat membantu sekali buat saya yang pemula. Sekalian tukeran link ya mas. URL saya M Subchan Sholeh, alamatnya di http://ayahaan.wordpress.com.

  18. terima kasih atas ilmunya..salam kenal

  19. klo readmore untuk website gimana ya,tolong dong petuahnya

  20. saya masih blom bisa neeh mas.Yudi..
    saya dah sama persis dan bener2 gak ketinggalan 1 pun langkah yg dikasih tau..
    utk bisa minta tolong waktu mas.Yudi tengok blog WP saya,
    ada di novaldasetyadhie.co.cc

    gimana yah mas.Yudi??

    thx bgt.

  21. Makasi ya bang atas tips nya yang sangat berharga !

  22. Thanks atas INfonya……
    sangat membantu

  23. makasih mas, tapi saya praktikan kok nggak bisa, tetap tampil seluruhnya

  24. mksih yach atas info’a….
    ini blog yang bagus… skses..!!!!

  25. hatur tengkyu ya mas ;)

  26. tanx infonya walaupun ga bisa saya implementasikan di blog saya., sebagai informasi, saya menggunakan theme Army of darkness., apa karena saya menggunakan theme tersebut makanya ga bisa di implementasikan.,

  27. mas saya dah coba koq g bisa ya?

  28. ma comment donk blog sy …newbiw nieh

  29. thanks infonya mas, ni script yang tak cari2…hehe

  30. Trims Kang info nya, sangat membantu

  31. Mantap..sy coba dulu deh…makasih infonya yah,,,

  32. terimakasih boanyaaakk.. atas tutorialnya kang nyono…..kalau yg dimaksud dg blog roll itu apa ya mas…..trima kasih atas jawabannya…

  33. makasih infonya mas slm kenal tukeran link yukz? links mas dah sya masukan

  34. saya telah mencoba membuat read more di blog saya,, trim’s kang yudi

  35. Akan sy coba di blog wordpress saya. Thanks

  36. makasi atas infonya kang, terbantu sekali saya. masi newbie hhe

  37. thanks buat infox yaw… gw langsung nyoba

  38. Wah makasih tipsnya, walopun cuman dibilang cetek, tapi bermnfaat loh buat saya yang udah lama punya WP tapi baru sempet blajar…

    kunjungi wp saya juga ya mas… :)

  39. Kang…saya kan baru di dunia tulis menulis dalam hal ini blog. :-D
    makasih ya atas informasi yang diberikan.
    doakan saya bisa membuat tulisan yang bagus di blog saya.
    mohon bantuannya kang..:-)

  40. thanks, akhirnya bisa juga…

  41. untuk kedua kalinya, hatur nuhun kang tutornya, sangat bermanfaat khususnya bg saya yang br bergabung di WP, masih pemula banget.

    sekali lagi very2 thank U gitu…:)

  42. Mantab gan, bermanfaat banget, btw kl yg otomatis gimana caranya yah?

  43. sungguh membantu saya hari ini……

  44. wiiidiiiihhh
    saya baru ketemu neh tips’a….
    udah tau klo buat read more’a,
    tapi gak tau gmna cra’a ubah tulisan read more ntu….
    makasih ia…..

    tuker link mau????
    q pasang ia link kmuh….
    new comer neh d blog

  45. Masss…. saya gagal terus nih buat “readmore-nya”. apa yang salah ya..?? saya coba di Pages juga sama buat readmorenya.. langkah2 yang mas berikan juga seolah ga diturutin oleh komputernya.Tolong dong solusinya…!!!

  46. trima kasih banyak mass..
    tips yg penting bagi pemula sperti saya ini.
    klo ad waktu, maen2 lah ke blog saya.

    smoga bwt kdpn smakin skses sllu :)

  47. waw thanx bgt ya,infonya..
    berhasil..berhasil…!!

  48. Terima kasih atas ilmunya… semoga selalu bermanfaat… Amien…

  49. keren bos..praktis..tis..tis..tis

    thnx berat bro. .

  50. Thanks bro inphonya, sangat membantu… :)

  51. nice posting kang, ijin nambahin sedikit kode-nya, sdh saya posting di tempat saya.. Kalau berkenan, main-main juga ke blog saya ya kang…

  52. thanks…….
    baru aja aku praktekin,,,,

  53. muantap kang,, hatur nuhun pisan

  54. thanks untuk tutorial. sangat bermanfaat bwt newbie kayak ane :)

  55. saya baru bikin blog tapi ga terindex google ,,saya pakai metode META TAG Mohon bantuanya …. kunjungi ya … http://internet90.wordpress.com/

  56. aneh bin ajaib..pas saya baca cara bikin readmore diWP kayaknya simple banget…tapi olala..entah kenapa ya saya udah coba berkali2,udah saya ikuti step by step, tapi hasilnya text saya ketika di publish masih tayang semua…cape deh…kenapa ya mas?mohon bantuan.tx

  57. thanks banget kang…gampang banget ternyata…

  58. Makasih infonya…
    dari dulu penasaran dengan icon itu,
    ternyata fungsinya untuk itu ya….
    thanks…

  59. terima kasih petunjuknya. sdh dipraktekkan dan berhasil…..

  60. Kalau blognya blogspot gimana?

  61. ternyata sesimple itu ya… thanks banget maz… info nya usefull sangat…

  62. mantap gan, langsung dicoba diblog saya.:D

  63. bagus nih artikelnya mas.sangat membantu untuk newbie seperti saya

  64. Makasih banyak mas tipsnya.

  65. trmikash atas bantuannya sangat membantu

  66. makasih sangat membantu bagi pemula

  67. Terima kasih ya broo atas infonya

  68. salam kenal! minta bantuannya donk! aq dah ikutin semua tutorialnya tp koq tetep gag bisa y?

  69. Terimakasih atas infonya pak, sangat membantu…

  70. Terimakasih sangat bermanfa’at

  71. Saya baru dalam membuat blog,dengan info yang mas berikan saya jadi terbantu dalam membuat read more di artikel,thanks ya mas…

  72. Wah mas artikelnyasangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat membantu,,
    makasih mas..
    ^o^”

  73. manteb mas .. saya yang baru pertama kali mengenal wordpress info ini sangat berguna :)

  74. dennygandhakusuma85

    siip infonya gan,,,,,,,,

    langsung di coba,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  75. makasih ya infonya, saya juga masih baru nih dalam hal beginian :)

  76. makasih pak! saya dari sulawesi yang berdomosili di Palembang sebagai seorang pemula, saya senang dengan penjelasan dari bapak..

  77. Mas….mas….makasih ya…=D
    Tutorialnya membantu sekali buat saya yang masih newbie.
    Ditunggu postingan selanjutnya…hehe

  78. makasih ya dah share ^^ terbantu banget. :D

  79. ga bisa2 mas.. haduuh..!!

  80. infonya membantu saya thanks

  81. wah gitu caranya ya!
    makasih ya petunjuknya
    sangat bermanfaat untuk saya
    aku coba dulu ya

  82. Udah berhasil bro
    makasih ya

  83. bisa tukaran link ngga?

  84. nice posting gan
    sangat membantu

  85. The global drugs industry is suffering from a physiological condition, while the current rate of farmacia on
    line prescriptions is running at 300, 000 UAW retirees and their surviving spouses.

  86. When searching for hotel awards, you can take paphos car hire Glasgow
    Airport. After a sharp political shift in 2008, has a vested interest in fostering cloud computing — after all, they’ve had to suffer the ignominy and cost of being towed to a garage. Throughout the years, there have been fees for bankers and fees for lawyers, bonuses for the top slot. 00 a day, no matter how many people will spend a portion of north america.

  87. biar jadi gak manjang kebawah ya

  88. Sekali lagi terima kasih y kakak
    Blog kakak ini sangat membantu saya..

    Kata2nya juga mudah dipahami dan diikuti…
    Sukses selalu…

Tinggalkan Balasan

